Bunga Oleander Cantik Tapi Beracun

Cantik tapi berbisa itulah yang terdapat pada bunga oleander, bunga oleander juga banyak digunakan sebagai tanaman hias, kalau dilihat sekilas bunga ini agak mirip bunga kamboja.

Bahasa ilmiah bunga ini adalah Nerium olender bunga ini adalah salah satu bunga yang sangat berbahaya di bumi ini. Oliander di daerah arab atau turki disebut zaqqum, dan bunga ini dicantumkan dalam Al-Quran surat 37 Ayat 62 dan 63 yang berarti.
62. Makanan surga) itukah hidangan yang lebih baik ataukah pohon zaqqum
63. Sesungguhnya Kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim
Nerium olender
Dalam tanaman hias, bunga ini sangat disukai hargapun bunga ini terbilang mahal. Saran saya bila anda memilih bunga ini sebagai tanaman hias, anda harus ekstra hati-hati dan tempatkanlah yang jauh dari jangkauan anak-anak karena bunga ini terdapat efek racun yang sangat berbahaya.

Racun dari bunga Oleander tersebar sampai seluruh bagian tanaman ini dan terkandung dalam getahnya, Baik itu bunga, batang, daun ataupun akar. 

Ada beberapa jenis racun yang terdapat didalam tanaman hias Oleander, yaitu oleandrin dan neriine. Kedua jenis racun ini berasal dari cardiac glycoside. Cardiak glyciside adalah suatu zat beracun yang dapat menyebabkan perlambatan denyut jantung dan gagal jantung. Selain kedua jenis racun diatas, tanaman oleander juga mengandung racun rosagenin pada kulit batangnya.  Racun Rosagenin memiliki daya kerja seperti strychnine. Efek samping yang ditimbulkannya antara lain adalah mual dan muntah, sakit perut dan diare, mata menjadi kabur, denyut jantung melambat, koma yang semuanya dapat berakhir pada kematian. Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *