Bunga Jengger Ayam dan Khasiatnya

Bunga Jengger Ayam - Bunga ini menyerupai daging yang tumbuh di kepala ayam makanya bunga ini dikatakan Jengger Ayam, umumnya bunga ini ditanam pada halaman rumah sebagi bunga hias, maka bunga ini jarang dijumpai dialam liar.

Bunga ini dalam bahasa cina dikenal dengan nama guan hua dan Inggris dikenal dengan Cockscomb. Warna dari bunga ini kebanyakan adalah merah dan ada juga kuning, dan ungu. bunga ini tumbuh baik didataran rendah pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.

Bunga yang unik ini selain digunakan sebagai tanaman rumah dan banyak manfaat dalam pengobatan, Jengger ayam memiliki rasa manis dan sejuk dan dapat digunakan untuk anti radang, menghentikan keputihan dan menerangkan pengelihatan. Tanaman ini dapat menghentikan perdarahan, seperti pada batuk darah, muntah darah, mimisan, dan wasir berdarah. Bunga mengandung minyak lemak, kaempferitrin, amaranthin, pinitol, sedangkan pada daun terdapat saponin, flavonoida, dan polifenol.

Baru tau ya? ternyata tanaman disekeliling kita banyak manfaat dan kegunaannya.. hehe sekian dan terima kasih Wassalam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *