Sekilas Tentang Burung Jalak Hitam

Burung Jalak hitam atau bahasa ilmiah dari burung ini adalah Acridotheres javanicus atau juga di kenal dengan jalak kebo, jalak hitam, jalak ungu, Kerak kerbau dan jalak penyu, ini diesebutkan menurut daerah masing-masing, kalau kami di Aceh sering menyebut nama burung ini dalah cicem Tiong. Spesies burung ini termasuk Familia jalak.Burung ini menyebar luas di Asia Timur, Asia Tenggara dan Kepulauan Indonesia bagian barat.

Burung Jalak hitam suka hidup di daerah terbuka, rawa-rawa dan di sawah-sawah, Burung ini juga hidup berkelompok antara 3 sampai 8 ekor sambil bersuara ribut-ribut. Di habitat aslinya, burung ini bersarang di dalam lubang-lubang pohon besar. Di daerah persawahan burung Jalak Hitam ini suka hinggap di atas punggung kerbau, sambil memakan kutu dan parasit lainnya yang menempel di tubuh kerbau. Oleh karena itulah burung ini di beberapa tempat di pulau Jawa disebut sebagai Jalak Kebo dan Kerak Kebo.

Burung Jalak juga pandai berkicau, memiliki sauara yang khas dan meniru suara-suara di seklilingnya, burung Jalak juga pandai meniru suara manusia atau bisa berbicara layaknya burung Beo, hanya saja dalam mengucapkan kata-kata tidak sefasih dan sebersih burung Beo.

Bagi pencinta burung, Burung Jalak adalah salah satu yang menjadi incaran orang-orang tersebut untuk ikutan lomba dan juga meniru suara-suara apapun yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *