Si Burung Hud Hud yang unik

Burung Hud-hud atau disebut juga dengan Noble Hoopoe atau Eurasian Hoopoe (Upupa epops), dengan bahasa Arab disebut dengan Hud-hud, bahkan burung yang satu ini namanya beberapa kali disebut dalam kitab suci Al Qur'an, burung ini selain mempunyai kicauan yang menarik dan juga mempunyai keunikan dalam menghadapi predator.

Burung ini punya hubungan dengan Nabi Sulaiman A.S, burung ini memiliki jambul yang unik dan bulunya yang indah dan menarik, Ada tujuh spesies burung ini yang dikenal di dunia dan menyebar secara luas di Inggris, Eropa, Asia dan Afrika utara.

Burung ini punya hal yang unik dalam melindungi dirinya dari predator, bila burung ini terasa terancam maka burung ini akan menyomprotkan kotorannya kemata binatang yang menyerangnya, bila cara tersebut tidak berhasil maka burung ini akan menyelimuti dirinya dengan bau busuk.

Burung ini mempunyai kelanjar khusus di dekat anusnya, yang bisa menghasilkan zat berbau busuk seperti daging busuk, burung ini akan menggosokkan zat yang berbau ini ke bulu-bulunya dan hewan yang ingin memangsanya akan hilang selera makan.

Zat yang berbau busuk tersebut juga berguna sebagai anti bakteri sehingga melindungi burung ini dari berbagai penyakit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *