Sungai Terbesar di Dunia

Dibumi ini sungai salah satu yang sangat berperan dalam kehidupan manusia dan mahkluk hidup lainnya. Karena sungai tempat sumber air berada, Sungai bagaikan urat-urat nadi bagi alam yang mengatur air bagi penghijauan alam.

Banyak sekali sungai di dunia ini, bahkan ada ribuan atau jutaan sungai di bumi ini. tetapi kali ini Anek Uteun mau membagikan beberapa sungai di dunia ini yang di katagorikan sungai besar dan panjang. Berikut ini adalah singai-sungai terbesar di dunia. Sungai ini bahkan mengalir antar negara-negara.

1. Sungai NIL
Sungai NIL panjang sungai ini mencapai 6650 KM Sungai ini terpanjang dan terbesar ini tidak hanya mengalir di Afrika akan tetapi sungai yang satu ini mengalir sampai ke Mesir, Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi dan Sudan,
Sungai Nil di Mesir
2. Sungai Amazon
Sungai yang Satu ini juga dikatagorikan sungai terpanjang dan terbesar di dunia. Sungai ini memiliki aliaran terbesar di antara sungai-sungai lainnya, Amazon juga memiliki sistem peraliran terbesar dari seluruh sistem sungai. Meskipun Nil sungai terpanjang, namun Amazon bisa dianggap "terkuat" dilihat dari jumlah air yang mengalir per detik. Sungai ini mencapai 6400 km. Pada saat musin hujan, ukuran lebar sungai Amazon ini bisa mencapai 190 kilometer.
Sungai Amazon
3. Sungai Yangtze
Sungai terpanjang di Cina dan di Asia. Di dunia, Sungai Panjang ini adalah sungai ketiga terpanjang. Sungai ini menjadi batas selatan kebudayaan kuno Cina yang berada di antara Sungai Kuning di utara dan Sungai Panjang di selatan. Selain sebagai sungai terbesar ke-3 di dunia, sungai Yangtze ini juga merupakan sungai terbesar di Asia.
Sungai Yangtze Asia
4. Sungai Mississippi
Sungai di Amerika Serikat. Merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia dan merupakan sungai terpanjang ke dua di Amerika Serikat. Memiliki panjang 3,734 km (2,320 mi) dan bersumber pada Danau Itasca di Minnesota dan berujung pada Teluk Meksiko. Selain termasuk dalam 10 sungai terbesar di dunia, Sungai Mississippi ini juga termasuk dalam daftar sungai terpanjang di dunia.
SUNGAI MISSISSIPPI
5.  Sungai Yenisei
Sungai terbesar yang mengalir ke Samudra Arktik, dan dengan kepanjangan 5.539 km merupakan sungai terpanjang ke-5 di dunia. Sungai ini terletak di Rusia. Di bagian tengah sungai ini terdapat bendungan hidroeletkrik besar. Sungai ini memiliki panjang sekitar 5539 kilometer. Sungai ini juga merupakan sungai terpanjang di Daerah tersebut.
 Sungai Yenisei
6. Sungai Kuning ( Hwang Ho)
Sungai ini memiliki nama lain: Sungai Kuning. Sungai yang menjadi pusat perhatian masyarakat di China ini merupakan pusat kebudayaan China. Panjang sungai ini mencapai 5.464 kilometer.
Peta Sungai Kuning
7. Sungai Irtysh
Sungai yang terletak di Rusia bagian selatan. Sungai ini memiliki panjang 4.248 km (2.640 mil). Bermuara di tiga negara seperti RRT, Kazakhstan, dan Rusia. Sungai ini merupakan sumber air bersih di dua negara tersebut. Sungai ini membeku pada bulanNovember hingga Maret.
8. Sungai Congo
Masyarakat setempat menyebutnya sebagai sungai Zaire. Sungai yang mengalir di Afrika Tengah ini memiliki panjang 4700 kilometer. 
9. Sungai Amur
Sungai terpanjang ke-9 di dunia, membentuk perbatasan antara Timur Jauh Rusia dengan Cina Timur Laut. Sungai yang juga merupakan membentang sepanjang perbatasan Timur Jauh Rusia dan Timur Laut China ini memiliki panjang 444 kilometer.
Sungai Amur
10. Sungai Lena
Sungai Lena merupakan sungai terbesar ke-10 di dunia. Sungai ini terletak di Siberia. Panjangnya 4.400 km (2.734 mil). Sungai ini bermuara dari Laut Arktik hingga Gunung Baikal. Nama samaran Vladimir Ilyich Ulyanov, Lenin, diambil dari nama sungai ini.

Sumber: http://carapedia.com/ 
                wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *