Burung Beo Yang Pandai Meniru

Burung Beo

Burung Beo atau burung ini disebut juga dengan Tiong emas, kalau di Aceh kami menyebutnya dengan Tiong Bungong (Tiong Bunga). Burung ini keluarga dari Burung Jalak, burung ini adalah burung peliharaan yang populer karena burung ini bisa meniru suara manusia, makanya burung sangat populer dikalangan pencinta burung.

Saya teringat dengan burung ini dulunya waktu ada di rumah abang saya, waktu ada orang datang dia pasti beri salam dengan Assalamualaikum. Kadang orang yang belum pernah kerumah dipikir siapa itu.

Burung ini wilayah penyebarannya alaminya adalah Hindia, Sri lanka, Himalaya, Filipina dan Indonesia, burung ini dapat di temukan dari dataran rendah hingga dataran tinggi lebih dari 2000m.

Sarang Burung Tiong biasanya terdapat di tajuk pohon yang tinggi di hutan-hutan, burung ini bertulur 2 hingga 3 telur dan terdapat bintik-bintik coklat pada telurnya. 

Dengan cantik dan menariknya burung ini sekarang sekarang burung ini banyak diburu oleh manusia, burung ini sekarang terancam populasinya di dunia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *