Bunga Kuma-kuma Yang Banyak Manfaat

Bunga Kuma-kuma
Bunga kuma-kuma atau bunga ini disebut juga dengan bunga safron (saffron), adalah nama untuk rempah-rempah dari bunga Crocus sativus, sekaligus nama umum untuk tanaman Crocus sativus dari marga crocus famili Iridaceae.

Saya sebenarnya baru tahu dengan bunga yang satu ini, bunga ini memiliki 3kepala putik (stigma) yang terletak pada distal pada daun buah, bagian tangkai putik yang menghubungkan stigma dengan bgian bunga yang paling dalam, bunga ini sering dikeringkan yang disebut dengan safron, yang di paka sebagai bumbu masakan dan pewarna.

Menurut informasi dari berbagai sumber bunga ini berasal dari Asia barat, safron memiliki rasa yang khas, sedikit pahit dan harum seperti iodoform atau rumput kering yang disebabkan zat kimia yang bernama picrocrocin dan safranal.

Safron mengandung crocin, salah satu bahan pewarna karotenoid yang membuat makanan menjadi kuning keemasan. dan safron sebagai rempah-rempah yang banyak di cari didunia, bunga ini juga banyak dijadikan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan banyak penyakit.

 Safron juga dijadikan sebagai bumbu untuk nasi yang membuat nasi briyani (nasi beryani) yang membuat nasi tersebut menjadi warna kuning.
Comments
1 Comments

1 komentar:

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *