Bunga Yang Cantik Menghasilkan Buah Yang Meledak

Bunga
Tanaman yang unik ini namanya sangat lucu, ada yang menyebutnya dengan bunga Pletekan, Ceplikan. Nama latin dari bunga ini adalah Ruelilia turosa.

Bunga yang namanya Pletekan atau Ceplikan berasal dari amerika tengah, sekrang bunga ini banyak menyebar di seluruh dunia, terutama di daerah tropis seperti indonesia, Perkembangbiakan tanaman ini junga sangat cepat.

Tanaman ini banyak tumbuh di semak-semak dan hidup mandiri, bunganya berbentuk trompet bewarna biru keunguan, buah dari bunga tanaman ini lonjong bewarna hijau, bila sudah tua buahnya akan berubah warnanya dengan warna hitam dan kering.

Buah
Keunikan dari tanaman ini adalah buahnya yang sudah tua kering dapat meledak bila kenak air, dan menjadikan ini suatu permainan anak-anak yang sangat menarik, suara dari ledakan buah ini Pletek! pletek! atau.. ceplik! mungkin inilah dasarnya dijadikan nama tanaman ini adalah Pletekan  dan Ceplikan.

Disaat meledak biji dari buah ini akan berhamburan dan terbawa air, dengan inilah tanaman ini berkembang biak. 

Comments
1 Comments

1 komentar:

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *