Kandungan Zat Berbahaya Pada Biji Apel

Seperti yang kita ketahui bawah makan buah apel bersama kulitnya dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, akan tetapi ada pula yang berbahaya pada buah apel, yaitu suatu zat yang terdapat pada biji yang cukup berbahaya. 

pada biji buah apel terdapat kandungan zat amigdalin, Zat ini di konversi menjadi hidrogen sianida yang beracun. Bila biji apel di konsumsi dalam jumlah kecil maka fek toksin dari zat beracun tersebut juga sangat kecil.

Akan tetapi bunkan hanya biji dari buah apel aja yang mengandung zat beracun tersebut, ada juga dari buah-buah lain diantaranya adalah plum, persik, quince, dan almond.

Kadar dari zat amigdalin dalam buah apel termasuk kecil dan juga zat tersebut akan terdapat bila dikunyah dengan baik.

 Zat amigdalin merupakan toksin Glikosida apa bila dikombinasikan dengan enzim pencernaan akan menghasilkan hidrogen sianida racun yang setara dengan Cylon B, Racun tersebut kabarnya digunkan pada camp konsentrasi  pada saat perang dunia ke II.

Walau demikian buah atau biji yang terkandung amigdalin dapat di proses untuk menyingkirkan zat beracunya, salah satunya adalah buah singkong.

singkong mengandung cyanogen-nya sangat tinggi, tetapi bisa diolah menjadi tepung tapioka. Pemasakan juga membuat cyanogen dalam singkong menjadi tidak berbahaya. Racun dalam kacang almond juga bisa dihilangkan dengan proses sedemikian rupa. 

Amigdalin yang telah diubah menjadi hidrogen sianida dapat menjadi berbahaya karena zat tersebut akan mengurangi kinerja sel darah merah dalam membawa oksigen. Walaupun dalam jumlah kecil tubuh dapat membuang hidrogen sianida, namun apabila jumlahnya besar, maka bisa berakibat fatal.

Seseorang yang keracunan hidrogen sianida akan mengalami gejala gemetar, lemas, mual, muntah, detak jantung berdebar cepat, dan sakit kepala. Dalam jumlah besar, hidrogen sianida akan menyebabkan sesak napas, koma, gagal napas, tekanan darah rendah, kerusakan paru, bahkan kematian.  

Akan tetapi anda tidak usah takut bila makan buah Apel, bila anda tidak segaja memakan biji-bijinya maka anda tidak akan keracunan.

Sebaiknya anda berhati-hati dengan megonsumsi buah apel, bila anda makan bah apel sebaiknya anda mengiris-iris buah apel dan buang bijinya. Ataupun disaat anda membuat jus apel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *