Sekilas Tentang Burung Ruak-ruak (koreo padi)

Ruak-ruak burung ini banyak terdapat di sawah-sawah dan rawa-rawa yang terdapat air. Karena burung ini pemakan biji-bijian, ikan2 kecil dan serangga, burung ini juga sekarang banyak diburu oleh masyrakat.

Burung ini hidup liar, bila burung ini melihat kita maka dia akan terbang atau lari masuk ke semak-semak untuk bersembunyi, banyak cara dilakukan untuk menangkap burung ini diantaranya menggunakan petah, nada dering hp disaat malam, dan perangkap lainnya.

Burung ini biasanya terdapat sendiri, dua dan tiga, sarangnya terdapat di rumputan tinggi, alang-alang dan pada pohon padi.

Burung ini punya suara yang luar biasa, suaranya  uwok-uwok yang sangat ribut, beberapa ekor berdendang bersama berupa dengkuran, kuikan, dan ketukan yang berbunyi turr-kruwak atau per-per-a-wak-wak-wak, juga dengan suara lain yang berlangsung sampai lima belas menit pada siang terkadang juga pada malam hari.

Bulunya yang bewarna coklat ke abu2an tua. Muka, leher dan dada bewarna putih menjadi khas dari burung ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *