Desain Logo Murah Online Hubungi Kami Disini

Pohon Palem Ciri-cirinya Dan Jenis-jenis pohon Palem

Pohon Palem adalah tumbuhan kelompok palma atau palem, Suku (famili) Arecaceae atau suku pinang-pinangan (palem). Tumbuhan palem banyak jenisnya kadang pohon-pohon palem di jadikan juga sebagai tanaman hias, dan tumbuhan ini sebernarnya banyak tumbuh liar di hutan-hutan.
Sebenarnya di Indonesia banyak terdapat pohon palem yang sering kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut ini adalah ciri-ciri pohon palem.
  • Batangnya tumbuh tegak ke atas dan jarang bercabang
  • Akarnya tumbuh dari pangkal batang dan berbentuk akar serabut
  • Batangnya beruas-ruas dan tidak memiliki kambium sejati 
  • Berdaun majemuk
  • Bunga tersusun dalam karangan bunga (mayang)
  • Tangkai daun memiliki pelepah daun yang membungkus batang.
  • Buahnya ditutupi lapisan luar yang relatif tebal (biasa disebut sabut)
  • Biji buah relatif cair pada saat masih muda dan semakin mengeras ketika tua.
Berikut ini adalah pohon palem yang sering kita jumpai dan yang di jadikan sebagai tanaman hias di taman-taman.
  • Palem Merah

Ini adalah tanaman palem yang sangat populer sebagai tanaman hias, palem ini banyak kita jumpai di pekarangan rumah, dinamakan palem merah menurut orang-orang di ambil dari pelepah daunnya yang bewarna merah menyala. Terdapat varian yang sekarang dianggap sebagai varietas, yang pernah dikenal sebagai palem jingga (C. renda Blume). Palem merah adalah flora maskot Provinsi Jambi.


  • Palem kuning
 


Palem ini juga salah satu tanaman hias yang populer yang banyak di tanam di pekarangan rumah, palem ini berasal dari Madagaskar, di tempat asalnya sekarang terancam. Tumbuhan ini dapat tumbuh mencapai 6 meter dan biasanya di pekarangan rumah hanya 3 meter, ini dijadikan supaya lebih indah. Helai daun bewarna hijau terang agak kekuning-kuningan makanya tumbuhan ini dinamakan dengan Palem Kuning, mayangnya dapat mencapai 1 meter dengan bungan bewarna kuning, buahnya bewarna kuning hingga warna ungu.
  • Palem jepang atau ijo
 
Tumbuhan ini tumbuh tinggi mudah mengeluarkan bunga dan buah, Palem ini nama latinnya adalah Actynophloeus canderianus. pohonnya rimbun biasanya banyak anak-anaknya.
  • Palem Phinuix


Palem ini nama latinnya adalah Phoenix canariensis, batangnya kecil dengan memanjang, palem ini tidak rewel yaitu mudah dalam perawatan, dan tanaman ini adalah tanaman hias yang favorit bagi pencinta tanaman hias.
  • Palem Sadang


Palem ini tumbuh dengan menjulang tinggi dan banyak di jadikan juga sebagai tanaman hias, palem ini mudah mengeluarkan bunga dan buah, palem ini nama latinya adalah livistona rotundifolia, susunan daun seperti kipas dan mudah beradaptasi dengan cuaca panas.
  • Palem Putri
 
Palem ini nama ilmiahnya adalah Veitcheia memilli. Tumbuh tinggi dengan daun kurang teratur dan merunduk mungkin karena inilah tumbuhan ini dinamakan Palem Putri. palem ini banyak juga terdapat di perkarangan rumah-rumah warga.

Sebenarnya banyak terdapat Pohon palem di Indonesia, ini adalah beberapa pohon palem yang banyak dijadikan sebagai tanaman hias. Wassalam
Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. kunjungi forumnya orang yang suka berkebun , ada tanaman GRATIS setiap minggunya www.tanaman.id

    BalasHapus
  2. kunjungi juga ya informasi tentang smartphone d komputer

    BalasHapus
  3. sambil liat pohon palem kunjungi juga informasi tentang smartphone d komputer

    BalasHapus
  4. Informasi yang bagus, share Palm Putri bisa dilihat disini http://sewatanaman.ijoasri.com/2015/11/sewa-tanaman-palm-putri-veitchia.html

    BalasHapus

Burung Cendrawasih Merah

Burung Cendrawasih Merah merupakan salah satu burung endemik Papua, Burung cantik ini dikenal dalam bahasa latin dengan nama Paradisaea Ru...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *