Laba-laba Lonceng

Laba-laba Lonceng

Laba-laba Lonceng - Laba-laba ini bisa menyelam dan membuat sarangnya di dalam air, tak seperti laba-laba pada umumnya, yang membentang-bentangkan benangnya sebagai sarang sekaligus sebagai tempat perangkap mangsanya. Akan tetapi beda dengan laba-laba yang yang satu ini, laba laba ini banyak menghabiskan waktunya di dalam air, dan membuat sarangnya di dalam air dan tinggal di dalam air. Laba-laba ini dikatagorikan laba-laba air dari Asia dan Afrika.

Cara membangun sarangnya laba-laba ini pertama membagun sebuah bidang rata, antara tangkai-tangkai dan daun-daun di dalam air, bidang rata ini dilekatkan dengan daun-daun dan tangkai-tangkai dalam air dengan benang sutranya, selain untuk menstabilkan bidang datar ini, benang-benang tersebut sebagai tanda untuk laba-laba ini pulang kerumahnya, dan juga benang-benangnya berfungsi sebagai radar untuk pergerakan mangsanya di atas air.

Laba-laba LoncengSetelah bidang datar terbentuk maka laba-laba ini akan mengangkut gelembung udara dengan kaki-kakinya dan tubuhnya kebawah, dengan ini maka jaring akan mengembung ke atas, bila semakin banyak gelembung udara yang di angkut maka maka jaringnya akan berbentuk lonceng. Dan inilah tempat tinggal laba-laba ini.

Setelah semuanya selesai sekarang saatnya menanti mangsanya, pada siang hari laba-laba ini akan menanti mangsanya di dalam sarangnya, bila ada binatang yang lewat seperti Serangga dan Larva maka dia akan menangkapnya dan menyantapnya. Contonya bila ada serangga yang jatuh ke air dan menimbulkan getaran, dan laba-laba ini tahu, dengan segera laba-laba muncul ke permukaan dan mengejarnya untuk menyeretnya ke bawah air. Laba-laba ini juga membuat jaringnya di permukaan air.

Bila akan menjelang musim dingin maka laba-laba ini akan berjaga-jaga agar tidak membeku, di saat musim dingin tiba laba-laba ini akan masuk ke air lebih dalam, dan membuat lonceng musim dingin, dan juga ada yang masuk ke cangkang-cangkang siput yang kosong, di dalam loncengnya laba-laba ini tidak bergerak sama sekali, ini sebagai penghematan energi dan mengurangi penggunaan Oksigen, berarti gelemubung udara yang di bawanya akan bertahan sampai 4-5 bula selama musim dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *