Musang Congkok

Musang Congkok
Musang Congkok adalah salah satu musang yang terdapat di daerah pengunungan Aceh dan Sumatera Barat, hewan ini padai naik pohon dengan kaki-kakinya, hewan ini berat menacapai 5 kg dan panjang sekitar 71 cm.

Di Aceh banyak terdapat musang ini, Musang Congkok ini memangsa mamalia kecil seperti burung-burung, kadang-kadang memangsa ayam peliharaan warga dan tulurnya juga, tapi kadang-kadang hewan ini memakan buah-buahan juga, buah faforitnya adalah buah coklat/kakau, pepaya dan kopi, inilah yang saya tau.

Musang Congkok bersuara mistis yang beralun-alun di malam yang gelap, ini sebagai untuk memanggil temannya atau sang betina memanggil anaknya. Bulunya bewarna hitam dan terdapat garis-garis coklat pada badannya, ekornya panjang, bila dipelihara musang ini jinak dan akan mengikut aktifitas majikannya.

Musang Congkok beraktifitas pada siang hari dan tidur dimalam hari di atas pohon-pohon, seperti pada pohon Bambu dan pohon yang rimbun lainnya.
Comments
10 Comments

10 komentar:

  1. kadang-kadang kita pikir suara hewan ini suara cetan... :o

    BalasHapus
  2. kemarin ada di jual di saree ,tp udah besar pada tajam* gigi a,jd gx jd beli takut gx mau jinak lg,,:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHAHAHA..... kalau mau pelihara yang masih anak2... kalau yang besar ane juga atuut... !!!

      Hapus
    2. Kalo mau beli dmn ya??

      Hapus
    3. Kalo mau beli dmn ya??

      Hapus
  3. bukannya musang congkok termasuk hewan langka, ya?

    BalasHapus
  4. bukannya musang congkok termasuk hewan langka?

    BalasHapus
  5. zazazahroh@ langka,, cuma di daerah kami di aceh tidak langka-langka amat kok... cuma mereka banyak berkeliaran di saat malam aja, kalau siangnya susah untuk di jumpai karena mereka tidur di pohon-pohon yang lebat...

    BalasHapus
  6. bagus..........memberi keburukan untuk anak kecil bagus.........#pengaruh jelek

    BalasHapus

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *