Pohon Kelor dan Kegunaanya

Pohon Kelor
Daun pohon kelor
pohon Kelor - Kita sering mendegarkan pribahasa yang terdapat daun Kelor berikut adalah pribahasanya, Dunia tidak selebar daun kelor. inilah pribahasa yang sering kita dengar. Akankah anda tahu daun kelor itu tumbuhan yang bagaimana dan apa itu daun kelor..? berikut adalah penjelasan tentang pohon kelor, dan ternyata pohon kelor itu banyak manfaat dan kegunaannya.

Mungkin bagi orang-orang pohon kelor tidak asing asing lagi, apalagi kalau kita di kampung-kampung banyak terdapat pohon kelor. Tumbuhan ini disebut juga dengan merunggai (Moringa oleifera) adalah salah satu tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini kadang tumbuh dengan ketinggian 7-11 meter, dengan daun bulat-bulat kecil dengan tersusun pada tangkai daun, yang bewarna hijau, daunnya bisa digunakan sebagai sayuran dan obat-obatan dan banyak manfaat yang terdapat pada daunnya.

Bunga dari pohon kelor putih agak kuning, dan buahnya memanjang berbentuk segitiga, buahnya disebut dengan Kelentang dan dapat dijadikan sebagai sayur, buah tanaman ini hijau bila masih muda, bila sudah tua maka hijaunya akan hilang dan akan bewarna coklat. Namun tanaman ini agak jarang berbuah.

pohon kelor tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi, biasanya tumbuhan ini dijadikan oleh warga sebagai pembatas pagar rumah atau ladang, dan juga tumbuhan ini gampang tumbuhnya.

Orang dulu menurut cerita oleh orang-orang tua sekarang daun pohon kelor dipakai di tempat yang luka, dengan di hancurkan dan di haluskan terlebih dahulu, terus di tempel pada luka, ini digunakan sebagai untuk anti dari pada Lalat yang berdiri pada luka. bila orang-orang terdapat luka yang besar.
Daun Kelor
Daun Pohon kelor

Selain yang di atas banyak terdapat khasiat pada tanaman pohon kelor dan dibawah ini beberapa khasiat pada tanaman kelor ini diambil dari beberapa sumber.

Bunga Tanaman Kleor
Bunga pohon kelor dapat digunakan sebagai pengobatan Flu, sariawan, radang tenggorokan, rematik, cacingan, anti tumor, infeksi, gannguan saraf, selain itu juga bunga dari pada tanaman kelor bisa digunakan sebagai sebagai anti bakteri, antimikroba, nutrisi makanan dan tonik.

Biji Kelor
Biji pohon Kelor juga terdapat khasiatnya, bijinya digunakan sebagai anti inflamasi, obat kutil, obat penyakit kulit ringan, antibakteri, anti tumor, obat rematik, bisa menaikkan kekebalan tubuh, penjernih air, obat demam, dan juga sebagai nutrisi dan sumber tonik.

Kulit Batang Kelor
Kulit batang dari pohon Kelor bisa digunakan sebagai obat gangguan pencernaan, sariawan, mengatasi karang gigi, detoksifikasi, alat kontrasepsi dan afrodisiak, dan juga dapat digunakan sebagai penetralisir racun kalajengking serta racun ular.

Akar Tumbuhan Kelor
Akar tumbuhan pohon Kelor dapat digunakan sebagai obat asma, mengobati bengkak kaki (edema), mengobati penyakit ginjal, mengobati pembesaran hati (hepatamegali), menjaga kesehatan organ reproduksi, obat flu, obat epilepsi, mengatasi karang gigi, mengatasi demam, sebagai penguat jantung, rematik, antiinflamasi, obat sakit kepala, afrodisiak dan penyegar kulit.

Sekian dan semoga ini dapat bermanfaat untuk anda semua tentang pohon kelor dan kegunaanya, mungkin cara menggunakan tumbuhan kelor ini sebagai obat-obatan anda bisa mencarinya di sumber-sumber yang lain yang lebih terpercaya, saya ngak nulis disini karena saya bukan seorang yang ahli dalam obat-obatan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *