Pohon Pisang Dan Aneka Olahannya

Pohon Pisang
Pohon Pisang - Tentu saja kita tahu dan kenal dengan yang namanya pohon pisang apalagi dengan buahnya, karena Pohon Pisang tidak asing bagi kita semua, tanaman ini dikenal juga dengan daun raksasa yaitu tanaman dengan daunya yang besar.

Pohon Pisang berbuah hanya sekali dalam pertumbuhannya, kemudian mati. Tumbuhnya tanaman ini dengan tunas-tunas yang ada di akarnya, batangnya terdiri dari susunan-susunan pelepah yang tumbuh dari bawah ke atas dan daunnya yang pertama keluar bulat yang tergulung dan kemudian akan terbuka dan melebar.

Pohon Pisang Buahnya hijau bila sudah masak kebayakan akan berubah menjadi kuning, akan tetapi ada juga yang sebagian yang bewarna jingga, merah, ungu, hijau atau kadang hampir hitam, warna buahnya tergantung pada jenis buah pisangnya.

Buah dari pohon pisang rasanya manis, dan buah pisang banyak dijadikan sebagai kuliner dan olahan lainnya. diantaranya:

  • Keripik Pisang
Keripik Pisang
Keripik pisang banyak orang yang menggemarinya, keripik pisang dibuatnya dengan cara pisangnya di iris kecil-kecil dan di bumbukan dengan berbagai macam bumbu, dan di goreng. kadang terdapat juga dengan keripik pisang yang rasanya berbagai macam.

  • Pisang Goreng
Pisang Goreng
Ini biasanya mantap bila kita lagi nongkrong-nongkrong dan lagi bersama keluarga atau lagi galau, bayangkan lagi galau sambil makan pisang goreng..hehe pisang goreng dibuat dengan cara pisang yang dimasukkan dalam adonan tepung yang di campur dengan bumbu-bumbu tertentu dan digoreng.
  • Pisang Sale
Pisang Sale
Ini cocok sebagai oleh-oleh buat keluarga. Pisang sale biasanya pisang yang sudah masak dikupas dijemur di terik matahari, ini dilakukan supaya kurang kadar air dalam pisang, agar pisang tahan lama. Pisang Sale bisa langsung dimakan dan digoreng.

Itulah beberpa kuliner yang dibuat dengan buah pisang dan masih banyak lainnya kuliner yang lain yang menggunakan buah pisang sebagai bahan dasarnya.

Manfaat Daun Pisang 
Dari pohon pisang ternyata daun pisang banyak juga manfaat dan kegunaannya, kadang tidak mengetahuinya, berikut adalah kegunaan Daun pisang dalam kehidupan sehari-hari.
  • Sebagai pembungkus kuliner
Makanan bila di bungkus dengan daun pisang akan memiliki aroma yang khas dan memiliki cita rasa yang berbeda dengan yang di bungkus dengan plastik.
Di Aceh daun pisang digunakan sebagai pembungkus mie Aceh dan pembalut Timphan yaitu kuliner khas Aceh dan lainnya. 

Inilah sekilas tentang pohon pisang yang dapa saya bagikan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *