Lutra Sumatera Binatang Yang Berkaki Selaput

Lutra Sumatera
Lutra Sumatera - Binatang ini di kenal juga dengan nama Berang-Berang. Ini adalah binatang yang langka dan sudah pernah dinyatakan punah, dan di temukan kembali pada tahun 1998 dengan sekolompok kecil. Ini merupakan satwa Endemik Indonesia yang habitatnya terdpat di pesisir, dan sekitar sugai-sugai besar, Lutra sumatera cenderung soliter, makanan mereka ikan-ikan dan udang. kadang meraka terdapat dengan jumlah kecil antara 4 ekor lutra.

Lutra sumatera merupakan spesies dari berang-berang yang ukurannya medium, panjangnya sekitar 1,3 m dan berat sekitar 7 kg, pada jari-jari mereka berselaput dengan terdapat cakar-cakar yang berkembang dengan baik, bulunya bewarna cokelat gelap dengan lebih cerah pada bagian bawah, pada moncongnya terdapat bulu-bulu kecil yang bewarna gelap.

Daerah penyebaran Lutra sumatera antara lain Sumatera bagian bagian selatan, Thailand bagian selatan, Selatan Vietnam, Barat daya Kamboja, Laos, Malaysia, dan pulau-pulau di Indonesia.

Tidak ada data resmi mengenai Lutra sumatera yang ada di alam liar, akan tetapi mereka diperkirakan terdapat dengan jumlah kecil tidak terlalu banyak. Oleh sebab itu IUCN menetapkan hewan lutra sumatera binatang yang terancam punah.

Referensi : wikipedia, Fauna Gue, Fauna Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *