Belimbing Wuluh atau Belimbing Sayur

Belimbing Wuluh atau Belimbing Sayur
Belimbing Wuluh atau Belimbing Sayur
Belimbing wuluh atau buah belimbing ini disebut juga dengan belimbing sayur, belimbing ini kebanyakan di budidayakan di pekarangan rumah yang di ambil buahnya sebagai untuk pelengkap masak sayur asam, kalau di Aceh buah belimbing ini dinamakan dengan boh limeng, dan di oleh sebagai Asam Sunti yaitu rempah-rempah yang berasal dari Aceh, Asam sunti biasa dibuat dengan buah belimbing wuluh yang di jemur dalam terik matahari dalam beberapa hari dengan di tambahkan garam, dan digunakan dalam bumbu dapur pada masakan-masakan tertentu.
asam sunti
Asam sunti

Belimbing wuluh menurut wikipedia di perkirakan berasal dari pulau Maluku, dan tumbuh di beberapa negara di Asia, yaitu Indonesia, Myanmar, Filipina, Sri Lanka dan Malaysia. Buah belimbing ini di indonesia terdapat dengan beberapa nama sesuai dengan daerahnya masing-masing di antaranya Aceh: Limeng, bohlimeng, Gayo: selemeng, Batak: asom, belimbing, balimbingan, Nias: malimbi, Minangkabau: balimbieng, Melayu: belimbing asam, Lampung: balimbing, Jawa: blimbing wuluh, Madura: bhalingbhing bulu, Bima: limbi, Bali: blingbing buloh, Flores: balimbeng, Sunda: calincing, balingbing, Sawu: libi, Banjarmasin: Belimbing tunjuk. Makassar : Bainang.

Belimbing wuluh batangnya tidak terlalu besar dengan benjol-benjol pada batangnya, bercabang dengan tingging mencapai 15 m, bunga dari buah belimbing ini bewarna ungu agak kemerahan, buahnya rasannya asam, daunnya tersusun dengan tangkai-tangkai pendek.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *