Buah Kweni (mangifera odorata)

Buah Kweni (mangifera odorata)
Buah Kweni (mangifera odorata) - Ini adalah salah satu tumbuhan yang mirip dengan mangga, atau tumbuhan ini berkerabat dengan bacang. Tumbuhan ini terdapat dengan beberapa nama, kalau dengan bahasa latin disebut dengan Mangifera Odorata. Kalau di Indonenesia terdapat dengan beberapa nama sesuai dengan daerah-daerah masing-masing di antaranya: kweni, asam membacang, macang, lekup (Melayu), kuwini, ambacang, embacang, lakuik (Minangkabau), kaweni, kuweni, kweni (Jawa), kuweni, kebembem (Betawi), kaweni, kawini, bembem (Sunda), kweni, weni (Bali), kabeni, beni, bine, pao kabine (Madura), mangga kuini (Sulawesi Utara), kuini, guin, koini, kowini, koine, guawe stinki, sitingki, hitingki (Maluku), dan lain sebagainya. 

Buah Kweni memiliki aroma yang harum dengan daging buah yang lembut, daging buahnya lebih padat dari buah bacang dengan serat yang halus, dan buah ini mirip dengan buah bacang dan buah mangga.

Kweni sekarang banyak terdapat di perkarangan rumah-rumah orang, dan buahnya dijadikan sebagai makanan di meja, dan sebagai campuran minuman, orang-orang menyukai buah ini karena keharumannya yang khas di saat buah ini sudah masak, dengan rasa yang manis dengan daging yang tak terlalu berserat.

Tumbuhan kweni tumbuh baik di dataran rendah dengan ketinggian sekitar 1.000 m dpl. daerahnya adalah tempat yang curah hujannya yang merata sepanjang tahun. Tumbuhan ini tumbuh dan di perbanyak dengan biji. Tumbuhan kweni sangat cocok sebagai pengganti mangga yang menyukai tempat yang lebih kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *