Buah Pala

Buah Pala
Buah Pala - Ini merupakan salah satu rempah-rempah yang nilai perdangannya tinggi sejak pada zaman Romawi, Tumbuhan pala berasal dari daerah kepulauan Banda, di daerah Maluku. kalau dengan dalam bahasa ilmiahnya buah pala disebut dengan Myristica fragrans. Di Indonesia tumbuhan ini terdapat dengan beberapa sebutan menurut daerah-daerahnya masing-masing di antaranya Aceh : pala, Nias : falo, Minangkabau : palo, Lampung : pahalo, Sunda : pala, Madura : pala bibinek, Sangir : palang, Buru : kuhipun, Minahasa : parang, Halmahera Tidore dan Ternate : gosora, itulah nama dari tumbuhan pala menurut bahasa masing-masing sesuai dengan daerahnya. Kalau dengan bahasa asing disebut dengan Nutmeg. Sebutan pala juga di gunakan pada bijinya yang di perdagangkan.

Pala dikenal juga dengan tumbuhan yang berumah dua atau dioecious, dan dikenal dengan pohon jantan dan betina. Pada buah pala terdapat satu bijinya, buah bentuknya bulat dengan warna hijau kekuningan, dan bila sudah masak maka buahnya akan terbelah dua, dan terdapat satu bijinya yang bewarna merah ini karena masih terbungkus dengan fuli, buahnya berdaging dan berbau khas karena terdapat minyak atsiri pada daging buah pala. Daun biasanya berbentuk elips langsing.

Tumbuhan pala di panen 7 sampai dengan 9 tahun,  ini merupakan panen pertaman dari proses pertumbuhannya dari mulai penanaman, tinggi batangnya bisa mencapai 20 meter dan dapat tumbuh sampai ratusan tahun. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan di daerah tropis yang memiliki 200 spesies, semuanya tersebar di kawasan tropis.

Biji pala dijemur sampai kering sesudah dipisahkan dari fulinya sebelum di pasarkan, setelah dikeringkan maka bagian dalamnya akan menyusut dan bila digoyangkan akan terdengar suaranya, pada biji pala terdapat cangkang dan terdapat bagian dalam yang digunakan sebagai bahan penting.

Biji pala banyak di gunakan sebagai obat-obatan, bubuk pala digunakan sebagai penyedap rasa seperti kue, sayuran, roti, puding, minuman penyegar, minyaknya dapat digunakan untuk campuran farfum atau sabun dan lain-lain.

Inilah sekilas tentang buah pala yang dapat saya bagikan untuk anda-anda sekalian, semoga bermanfaat.

Referensi: id.wikipedia.org/wiki/Pala
Perpustakaan Botani Pala


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *