Burung Cabak Malam

Burung Cabak Malam
Burung Cabak merupakan salah satu burung yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri. sebenarnya burung ini memiliki banyak spesies di dunia ini, dan memiliki 8600 jenis dari berbagai anggota, kebanyakan burung cabak makanannya adalah serangga dan bersifat noktural. mereka tidur pada siang hari dan beraktifitas di malam hari, dan ada pula beberapa jenis dari burung cabak yang beraktifitas pada siang hari.

Kalau di Aceh kami sering menyebutnya dengan burung Tok tok beragou. Kami sering mendegar suara burung-burung ini di saat magrib dan subuh. Burung cabak ini beraktifitas pada malam hari dengan tidur di siang hari di tanah di atas daun-daun yang kering, kalau mereka tidur pada dedaunan yang kering sulit untuk kita mengenalinya, karena bulunya sama dengan daun-daun yang kering. warna bulunya coklat dengan bercorak putih, maka dengan itu sulit untuk di kenali kalau mereka tidur ditanah pada siang hari. Biasanya tidak terduga burung-burung ini terbang di depan kita di saat kita lagi jalan di hutan.

Burung cabak terbang perputar-putar diwaktu senja dan dini hari, mereka bersuara sepeti suara orang memahat kayu atau seperti dua buah batu yang di hantam dengan keras.

Burung cabak cirinya bewarna coklat dengan bercorak putih, burung ini bertelur di tanah warnanya coklat dengan terdapat bintik-bintik putih pada telunya, berbiak pada bulan Mei sampai dengan Desember. burung cabak biasanya terdapat di tepian hutan atau daerah yang berhutan, temasuk hutan mangrove, burung ini dapat ditemukan sampai dengan ketinggian 1200.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *