Ikan Cupang

Ikan Cupang - Berikut ini adalah salah satu hewan ciptaan Allah yang sangat menarik untuk di ikuti yaitu ikan cupang, ikan ini terdapat dengan beberapa jenis dengan kehidupannya di air tawar. Ikan ini asalnya dari beberapa negara di Asia. Asia Tenggara yaitu Malaysia, Vietnam, Thailand dan Indonesia.

Ikan ini Agresif dalam mempertahankan wilayahnya, Pada kalangan penggemar, ikan ini terdapat atas tiga gololongan yaitu, cupang liar, cupa hias, dan cupang aduan. Ikan ini adalah ikan yang kuat, dengan bertahan lama bila di tempatkan di dalam air yang volumenya sedikit dan tampa sirkulasi udara (aerator), dan ikan ini bisa bertahan hidup.

Di Indonesia terdapat ikan Cupang asli yaitu Betta channoides yang dapat di temukan di daerah Pampang, Kalimantan Timur.

Berikut Ini adalah beberapa ikan cupang yang banyak di kenal oleh orang-orang.
1. Cupang Serit 
Ikan Cupang
Cupang ini terdapat juruji-juruji yang panjang pada ekor dan siripnya bagaikan sisir. Ini adalah satu ikan yang berasal dari perairan Indonesia. 

2. Cupang Halfmoon
Ikan Cupang
Cupang yang satu ini memiliki ciri-ciri khusu yaitu mempunyai ekor yang seperti kipas, kadang ikan ini bagaikan burung merak, Kadang cupang ini bagi sebagian orang dibilang mendatangkan rejeki, Cupang ini berasal dari Thailand.

3. Cupang Pelakat
Ikan Cupang
Ikan Cupang Plakat, ini adalah salah satu cupang yang bentuknya hampir sama dengan cupang petarung. Bila ikan ini amarahnya terusik,  maka dia akan mengembangkan siripnya sampai tegak melebihi 180 derajat.

4. Cupang Double Tail
Ikan Cupang
Ikan Cupang yang jenis ini adalah ikan cupang yang memiliki ekor bercabang dan terdapat 2 bagian. 

5. Cupang Giant
Ikan Cupang
ini adalah jenis ikan cupang yang merupakan hasil dari perkawinan silang antara cupang biasa sama cupang alam, jenis cupang ini memiliki ukuran bisa mencapai 12 cm. Cupang ini adalah jenis cupang terbesar.

Sebenarnya masih banyak terdapat jenis-jenis ikan cupang dan berbagai bentuknya, yang di atas itu adalah beberapa jenis cupang yang banyak di kenal oleh orang-orang. 

Baca juga tentang ikan Gabus disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *