Ikan Gabus Salah satu Ikan Air Tawar

Ikan Gabus Salah satu Ikan Air Tawar
Di indonesia mungkin banyak orang yang mengenal ikan yang satu ini yaitu ikan Gabus, ikan ini adalah salah satu ikan yang hidup di air tawar, dikenal juga ikan ini dengan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini kalau dengan bahasa ilmiahnya adalah Channa striata.

Ikan ini hidup di rawa-rawa, persawahan, sungai dan danau. Ikan ini kalau menurut saya adalah ikan yang rakus karena dia akan memangsa apa aja yang bisa dimakan, ikan gabus biasanya akan memakan cacing, belalang, ikan kecil-kecil, serangga, kodokpun tak luput dari santapannya.

Kadang ikan-ikan gabus terdapat di parit-parit jalan atau di sekitar rumah-rumah bila musim hujan, karena dia terbawa oleh banjir ke parit-parit. Kadang ikan gabus pada malam hari akan terdapat di daratan dia mencari tempat-tempat yang berair. Saya admin pernah memancing ikan yang satu ini, kalau memancing ikan gabus terbilang gampang, umpannya kami biasanya pakai cacing atau kodok, selanjutnya cukup dengan mendiamkan pacing kita yang sudah kita umpankan di tempat-tempat yang terdapat ikan gabus. Pengalaman saya waktu memancing ikan gabus, biar cepat umpan pancing kita dilahap oleh ikan gabus dengan memakai kodok-kodok kecil yang masih hidup, kodoknya usahakan tetap hidup di mata kail pancing kita, terus di taruk di tempat-tempat yang terdapat ikan gabus.

Ciri-ciri dari ikan gabus berbadan bulat dengan kepala agak besar dari pada badannya sekilas mirip dengan kepala ular, dengan bersisik besar di kepalannya, Panjangnya bisa mencapai 1 m, sirip ekornya bulat dan sirip punggungnya memanjang, warna ikan gabus hitam kecoklatan atau bewarna gelap, dibawahnya dengan warna putih, bila masih kecil-kecil warna ikan gabus jingga dan seiring besarnya ikan gabus warna jingganya hilang dan berubah ke warna gelap.

Kalau masih kecil ikan gabus biasanya terdapat dengan berkelompok, dengan naik turun dari dalam air ke atas air, kadang sekumpulan anak-anak ikan gabus di kawal oleh ibunya.

Dalam daging ikan gabus terdapat protein penting bagi kesehatan yaitu kaya dengan albumin, salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh setiap hari sebagai penyembuhan luka-luka, bila kita makan daging ikan gabus maka akan meningkatkan kadar albumin dalam darah dan akan menyembuhkan beberapa penyakit, memakan daging ikan gabus sangat cocok bagi orang yang baru selesai operasi dan melahirkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *