Lemur binatang primata yang hidup di pulau Madagaskar

Lemur - Ini adalah salah satu binatang primata yang hidup di pulau Madagaskar, Afrika. Lemur berasal dari kata Lemures yang artinya hantu atau arwah pada malam hari. Lemur adalah salah satu binatang yang aktif pada malam hari, matanya bercahaya pada malam hari dengan suara teriakan nyaringnya, mungkin karena inilah binatang ini dinamakan dengan lemur.

Semua binatang Lemur terdapat di pulau Madagaskar, yaitu sebuah pulau pada bagian timur Afrika, walaupun binatang ini hidup pada satu pulau akan tetapi Lemur terdapat beberapa jenis dengan tempat yang berbeda-beda. Beberapa Lemur hidup di hutan hujan tropis dan beberapa diantaranya hidup di gurun yang kering. Terdapat enam jenis lemur yang tersebar di Madagaskar, di antaranya adalah L.macoco atau dinamakan dengan lemur hitam yang habitatnya pada sebelah barat daya Madagaskar, L.Fulvus ini adalah lemur coklat yang hidup pada pulau Comoros, L.coronatus hidupnya di sebelah utara, L.mongoz ini terdapat sebelah barat daya Madagaskar, L.rubiventer ini terdapat di timur dan tengah pulau Madagaskar, dan L.catta ini adalah lemur dengan ekor belang-belang dan hidup pada bagian selatan pulau Madagaskar.

Ciri-ciri Lemur, Panjang dari kepala dan badan lemur sekitar 28 sampai dengan 56 cm, panjang ekornya antara 28 sampai dengan 65 cm. Biasanya Lemur memiliki ekor yang panjang dengan corak yang bercincin pada ekornya, dengan corak yang bewarna hitam-putih yang berselang-seling pada ekornya. Pada badan berwarna merah dan cokelat, dengan kilauan abu-abu pada rambutnya, dan pada bagian bawah tubuh Lemur terdapat warna putih sampai dengan tangan dan  kakinya juga bewarna putih. pada bagian wajah binatang ini berwarna putih dengan bercak coklat dan hitam di sekeliling matanya, mata Lemur berwarna coklat dan bagian mulutnya dengan warna hitam. Pada telinga lemur terdapat rambut yang berwarna putih, bersudut yang agak mirip dengan telinga kucing. Ukuran Lemur sama antara jantan dan betina, dan beratnya sekitar 2 sampai dengan 4,5 kg, ini tergantung menurut spesiesnya.

Berikut adalah beberapa gambar dari Binatang lemur, dan ini saya ambil dari beberapa sumber.
Binatang lemur
Binatang lemur

Binatang lemur
Binatang lemur
Binatang lemur
Binatang lemur

Binatang lemur
Binatang lemur


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *