Semut Peluru (Bullet Ant)

Semut Peluru (Bullet Ant)
Semut Peluru - Bayangkan bila anda sedang jalan-jalan ke hutan dan tiba-tiba terkenak gigitan dari semut yang berbahaya ini, maka anda akan mengalami kesakitan sampai dengan 24 jam,, aduuuhhhhhh. Semut Peluru atau dinamakan dengan Bullet Ant adalah salah satu semut dengan spesies semut terbesar di dunia, nama latinya adalah (Paraponera clavata). dinamakan dengan semut peluru karena semut ini mempunyai sengatan yang sangat kuat, bila kenak sengatannya maka anda bagikan kenak oleh peluru yang di tembak, dan semut ini hidup di hutan hujan tropis atau di dataran rendah yang berlembab dari selatan Nikaragua sampai dengan Paraguay.

 Semut peluru disebut juga dengan "Hormiga Veinticuatro" atau "Semut 24 (jam)" mungkin dinamakan demikian karena bila kenak gigitannya akan mengalami kesakitan sampai dengan 24 jam. Semut ini mirip dengan tawon bila yang tidak bersayap, Semut peuru ukurannya bisa sampai dengan 18-25 mm panjang dan kekar bewarna hitam agak kemerahan.

Semut ini berkoloni dengan koloninya sampai dengan beberapa ratus ekor dan biasanya mereka terletak di dasar pohon, mereka biasanya mencari mangsa secara individu dan disekitar sarang dan di atas pohon sekitar sarang mereka. Semut peluru memiliki racun yang sangat kuat ini untuk melumpuhkan mangsannya dan sebagai perlindungan, bila kenak gigitannya maka akan terasa bagaikan terbakar hidup-hidup atau berdenyut-denyut dan ini akan berlanjut sampai dengan 24 jam. Semut peluru ini telah berevolusi dengan cara melawan mangsa yang mencoba menggali mereka.

Para suku Satere-Mawe yang hidup di hutan Amazon melakukan ritual unik, ini disebut dengan Ritual kedewasaan, pemuda disana disuruh memasukkan tangan mereka kedalam sarung tangan yang dipenuhi dengan semut peluru sampai 10 menit dan 20 kali, tambah lagi tidak boleh berteriak, setelah itu akan terjadi lumpuh tangannya untuk sementara oleh sebab ritual ini yaitu di sengat oleh semut peluru.

Referensi: anehdidunia.com, wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *