Sereh Atau Serai

Sereh Atau Serai
Sereh atau Serai adalah salah satu tumbuhan yang digunakan dalam masakan-masakan tertentu, atau sereh ini adalah bumbu dapur yang digunakan untuk mengharumkan makanan-makanan, kuah atau tumisan tertentu, tumbuhan ini dari suku rumput-rumputan. Bagi ibu-ibu pasti tidak asing lagi dengan tumbuhan yang satu ini, dan menjadi salah satu bahan yang penting untuk bumbu masakannnya.

Sereh atau Serai kalau dengan bahasa latin di sebut dengan Andropogon nardus. Selain digunakan sebagai bumbu masakan tumbuhan ini juga terdapat minyak yaitu minyak atsiri, yang dapat digunakan sebagai untuk pengusir nyamuk, karena tumbuhan Serai mengandung sitronela yang tidak di sukai oleh nyamuk, baik minyak serai ataupun tumbuhan serai itu sendiri. Maka dengan itulah tumbuhan dapat digunakan sebagai bahan anti nyamuk dan serangga.

Ciri-ciri tumbuhan Sereh atau Serai: Batang nya tidak berkayu dan batangnya terdiri dari susunan pelepah-pelepah, daunya tunggal dan bewarna hijau dengan batang yang bewarna putih agak hijau. Tumbuhan ini pada dasarnya tumbuh liar, dan ada pula yang ditanam di pekarangan untuk digunakan sebagai bahan masakan.

Inilah sekilas tentang tumbuhan Sereh yang dapat saya bagikan terima kasih,, Wassalam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *