Tanaman Hias Bunga Melati

Bunga Melati - Bunga ini adalah salah satu bunga hias yang populer, bahkan salah satu jenis bunga melati putih di indonesia di tetapkan sebagai bunga puspa bangsa, yaitu bunga nasional di Indonesia. Bunga ini kecil, dan walaupun kecil bunga ini adalah salah satu bunga yang harum, dan di Indonesia bunga ini digunakan dalam tradisi-tradisi dan adat istiadat tertentu.

Kalau dengan bahasa Inggris bunga ini dinamakan dengan Jasmine, sesuai dengan genusnya, Bunga melati salah satu dari genus Jasminum. Bunga ini dilambangkan sebagai kesucian atau kemurnian, yang terdapat atas 200 lebih spesies yang tersebar seluruh dunia, dan beberapa di antranya di budidayakan dan dijadikan sebagai tanaman hias.

Bunga melati di indonesia banyak sebutannya atau banyak namannya menurut daerah-daerah yang ada di Indoensia di antaranya Bungong Meulu dan Meulu China (Aceh), Melur, Melor (Gayo, Batak Karo), Menyuru (Banda), Menuh (Bali), Malete (Madura), Menur atau Mlati, Melati (Jawa, Sunda), Mundu (Bima dan Sumbawa), Manyora (Timor).

Di Indonesia terdapat beberapa jenis melati yang populer di antaranya Melati Putih, Melati Air (Jasminum sambac), Melati Gambir (Jasminum pubescens), Melati Gambir, Melati Hutan, Star Jasmine (Jasminum multiflora), Melati Raja, King Jasmine (Jasminum rex).

Bunga melati adalah tanaman perdu, hidupnya menahun dan berbatang tegak dengan merayap, daunnya hijau yang berbentuk bulat, dengan bunga yang umumnya bewarna putih yang harum dengan ukuran bunga yang kecil. bunga melati berasal dari daerah Asia selatan dan menyebar seluruh dunia dengan jenis-jenis tertentu, akan tetapi pada umumnya ini menyukai dengan daerah tropis.

Selain bunganya yang cantik dan penuh dengan makna tertentu, bunga melati juga banyak terdapat manfaat dan kegunaannya diantaranya bunga tabur, bunga ini dijadikan juga sebagai bahan olahan minyak wangi, farmasi, kosmetika, campuran teh, karangan bunga, hingga menjadi tanaman obat.

Berikut adalah beberapa gambar bunga melati dan ini saya ambil dari beberapa sumber.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *