Bunga Wijaya Kusuma Yang Mekar Malam

Bunga Wijaya Kusuma atau dikenal juga dengan nama Epiphyllum anguliger, ini merupakan salah  satu bunga yang mekar pada malam hari, Bunga ini berasal dari kawasan hutan tropis Amerika. yang merupakan salah satu dari jenis kaktus, kelas dicotiledoneae. Tumbuhan ini sangat cocok untuk tempat yang beriklim sedang dan tidak terlalu panas.

Yang sangat unik dari Bunga Wijaya Kusuma, bunga-bunganya akan mekar pada tegah malam, satu persatu mahkota bungannya akan membuka dan sampai menjadi sebuah bunga yang indah dan cantik, dan juga dengan aroma bunganya yang harum. Sekarang ini tanaman ini sudah jarang ditemukan dan menjadi salah satu bunga langka, dengan itu tanaman ini salah satu tumbuhan yang di lindungi.

Menurut beberapa orang bunga ini berasal dari Tiongkok, sebenarnya tanaman ini berasal dari hutan-hutan tropis Amerika selatan. Kalau dengan bahasa cina bunga ini disebut dengan Keng Hwah, yang berarti "bunga yang indah dan agung". Selain itu terdapat dengan beberapa nama lain dari bunga Bunga Wijaya Kusuma seperti Midnight Flower yang artinya "Bunga Tengah Malam", Queen of the Night artinya "Ratu Malam", dan Orchid Cactus "Kaktus Anggrek". Pemberian nama Midnight Flower maupun Queen of the Night karena sesuai dengan ciri khas bunga ini yang mekar pada tegah malam. Sedangkan Orchid Cactus karena bunga ini agak mirip dengan bunga anggrek.

Bunga Wijaya Kusuma
Sumber gambar: http://id.wikipedia.org/wiki/Bunga_Wijayakusuma
Ciri-ciri tanaman Bunga Wijaya Kusuma pada umumnya batang bentuknya dari helaian daun, yang megeras, ini dapat di lihat pada saat tumbuhan ini sudah tua, dan baru dapat membedakan anatara daun dan batangnya. tingginya sekitar 2-3 m. daunya antara 13-15 cm. Tumbuhan ini tidak berduri tidak seperti jenis kaktus-kaktus lainnya. pada tepian daun muncul lekukan dan terdapat tunas daun dan bunga. Bunganya mekar pada malam hari, biasanya bunganya bewarna putih, selain itu tanaman ini terdapat buah-buah yang bewarna merah dan terdapat bijinya bewarna hitam. pembayakkan tumbuhan ini dapat dilakukan dengan cara Stek, dan dapat dilakukan juga dengan biji.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *