Bungong Jeumpa dan Cicem Pala Kuneng Maskot Aceh

Aceh salah satu provinsi yang terletak pada ujung utara pulau Sumatera, dan provinsi paling barat Indonesia, Aceh memiliki maskot juga dari alam, hewan dan tumbuhan seperti provinsi lainnya, yang menjadi maskot dari provinsi aceh dari tumbuhan adalah Bunga Cempaka, kalau di Aceh orang menyebutnya dengan Bungong Jeumpa. Kalau dari hewan di ambil dari salah burung, yaitu burung Cempala kuneng, yaitu burung kucica ekor kuning, burung ini merupakan kerabat dengan Burung Kecer dan Murai Batu.
Bungong Jeumpa dan Cicem Pala Kuneng Maskot Aceh

Berikut ini kita akan membahas tentang kedua Maskot dari Aceh ini.
Bunga Cempaka atau Bungong Jeumpa
Bunga Cempaka, ini merupakan salah satu bunga yang harum, warnanya bungannya ada yang bewarna putih, orange dan juga kuning, ini merupakan salah satu bunga dari suku Magnoliaceae, tumbuhan ini tumbuh di daerah tropis dan subtropis di Asia selatan dan Asia Tenggara serta Tiongkok Selatan. Tumbuhan ini salah satu tumbuhan purba, dan dapat ditelusuri dari 95 juta tahun silam, dan tumbuh ditempat-tempat tertentu, contohnya pulau Sumatera.

Ciri-ciri dari bunga Cempaka
Ini merupakan tumbuhan perdu dengan tinggi mencapai 3-6 meter, warna bunganya putih krem, orange, dan kuning. bunga ini memiliki aroma yang wangi dan khas.

Burung Cempala kuneng
Cempala kuneng adalah burung yang menghuni hutan-hutan dan lembah, burung ini dapat ditemukan dikawasan Taman Nasinal Gunung Leuser (TNGL). Burung ini juga dapat ditemukan di daerah Sumatera, Kalimantan dan Semenanjung Malaysia.

Selain Cempala Kuneng burung ini disebut juga dengan burung Kucica Ekor kuning, kalau dengan nama latin di kenal dengan Copsychus P yrropygus, salah satu dari keluarga Muscicapidae, yang kerabat dekat dengan burung Kecer dan Murai batu.

Sekarang ini di Aceh burung Cempala kuneng merupakan salah satu burung yang langka, dan masuk dalam katagori burung yang harus di lindungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *