Burung Serindit "Loriculus"

Burung Serindit salah satu burung dari genus genus Loriculus. atau burung parrot. Burung ini berasal kawasan Tropika Asia selatan. Dikenal juga dengan nama Serindit, sindit, Seindit dan dikenal juga dengan Serindit Melayu. Sekarang burung ini banyak di jadikan sebagai burung peliharaan dan juga salah satu burung yang banyak diburu dan spesiesnya terancam. Berparuh bengkok salah satu ciri khas dari burung ini.

Bagi orang Melayu Riau, burung Serindit dimitoskan, bahkan di abadikan dalam cerita-cerita rakyat, yang dijadikan sebagai kebijaksanaan, kesetiaan, keindahan, keberanian, kerendahan hati dan juga sebagai lambang kearifan. Dengan ini semua burung ini sampai dijadikan salah satu maskot provinsi Riau.

Burung ini habitatnya di hutan-hutan lebat, hidup berkelompok dan berpasangan. populasi Serindit terbesar adalah di daerah daratan Sumatera. penyebarannya adalah daerah Semenanjung Melayu, Singapura, Kepulauan Anamba Kalimantan, Kepulauan Riau, Bangka dan Belitung, Sumatera dan pulau- pulau seperti Nias, Siberut, Sipora dan Enggano. Makanan pada umumnya biji-bijian, nektar, bunga, buah-buahan dan serangga kecil.

Burung Serindit berukuran kecil dengan panjang mencapai 12-13cm. Umumnya burung ini bewarna hijau dan pada ekornya bewarna merah. Jantan dan betina hampir serupa, jantan terdapat bercak pada  kepala berwarna biru dan bercak tenggorokan berwarna merah. Pada burung betina lebih kusam di bandingkan dengan jantan. Salah satu keunikan burung ini disaat tidur bergantung atau terbalik dengan kepala ke atas.
Burung Serindit "Loriculus"
Sumber gambar: id.wikipedia.org

Sekian yang dapat saya bagikan semoga ini bermanfaat bagi anda, sekian dan terima kasih telah baca-baca di blog saya ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *