Manfaat Bunga Melati

Manfaat Bunga Melati
Melati atau Jasminum officinale adalah tanaman dengan bunga yang indah dan harum mempesona, bunganya sangat di kenal dan populer, tumbuhan ini juga di kenal sebagai tanaman hias dan bahan pembutan farfum dan kosmetik. Akan tetapi bunga yang indah dan harum ini dapat juga berperan dalam dunia kesehatan.

Mungkin hanya beberapa orang yang mengetahui tentang manfaat bunga melati bagi kesehatan, sebenarnya ini telah dilakukan pada beberapa abad yang lalu. Contohnya di wilayah Mediterania yang banyak digunakan sebagai obat selama berabad-abad. Ini merupakan salah satu tanaman herbal yang paling dikenal.

Tanaman bunga melati terdapat beberapa kandunga zat kimia seperti indole, linalcohol, jasmon ,asetat benzilic, alkohol benzilic dan terdapat pula minyak eteris salah satu zat berbau pada tanaman. Mungkin dengan ini tumbuhan bunga melati banyak manfaatnya.

Berikut adalah beberapa manfaat tanaman bunga melati untuk kesehatan dan cara penggunaanya.
  • Daun melati mapat mengobati Sesak Nafas
Ambil daun tanaman melati 20 lembar cuci dengan bersih, dan rebuskan dengan 3 gelas air, tambahkan garam secukupnya, rebus sampai airnya menjadi 2 gelas, saaring airnya dan minum dua kali sehari pada saat pagi dan sore.
  • Daun dan bunga melati dapat megatasi demam dan sakit kepala
Ambil 10 buah bunga melati dan daunnya satu genggam, remas-remas sampai layu dan selanjutya rendam dengan air dingin secukupnya. Gunakan ini untuk mengkompres dahi. Inilah yang dapat digunakan untuk obat sakit kepala dan demam.
  • Digigit Lebah dan Serangga
Ambilah kira-kira segenggam bunga melati,  selanjutnya remas sampai hancur dan halus, lalu ditempelkan pada bagian yang kenak serangan lebah dan serangga lainnya.
  • Daun bunga melati dapat digunakan sebagai obat mata
Caranya ambil segenggam daun dari tumbuhan melati, lalu tumbuk sampai halu, tempelkan di atas mata atau tepatnya di dahi atas mata. bila ramuannya sudah kering ganti dengan yang baru.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *