Sugar Glider atau Tupai Terbang

Sugar Glider atau Tupai Terbang
Sugar Glider atau hewan ini dikenal juga dengan tupai terbang, ini salah satu hewan yang mirip dengan tupai yang bisa terbang, terbangnya buka seperti burung dengan sayap, akan tetapi hewan ini terbang dari pohon ke pohon dengan cara melayangkan diri dari ketinggian. Hewan ini imut dan menggemaskan, tentu saja bagi pencinta mamalia hewan ini sangat populer dan terdapat beberapa komunitas pencinta Sugar Glider di indonesia. Hewan yang imut ini gampang jinak dan mudah untuk dibawa-bawa.

Habitatnya di hutan-hutan, dan mereka memakan serangga kecil dan buah-buahan, bahkan hewan yang satu ini dikenal dengan hewan yang makan segala, Sugar Glider tidak bersayap seperti hewan yang bisa terbang lainnya seperti burung-burung, hawan ini terbang mengunakan Patagium yang terbentang antara kaki dan tangannya yang mirip dengan sayap, dengan inilah hewan ini terbang.

Sugar Glider atau tupai terbang ini beraktifitas dimalam hari dengan melayangkan diri dari satu pohon ke pohon lainnya, pada siang hari mereka beristirahat atau tidur di sarangnya. Sarangnya pada batang-batang pohon tua yang berlubang, dan kadang mereka bersarang di atas pohon kelapa.

Hewan ini panjang sekitar 10 sampai 12 inci (25 cm – 30 cm), yang di ukur dari ujung ekor sampai dengan hidungnya, dan hewan ini terdapat membra atau bulu khusus yang dinamakan dengan Patagium yang digunakan untuk terbang melayang, dengan jari-jari yang kecil mereka berloncat-loncar dan berpengangan erat di pohon-pohon. Sugar Glider mirip dengan tupai, warnanya abu-abu dan kecoklatan, kadang terdapat gari-garis hitam pada bulunya, ada pula yang warnanya cream dengan gari-garis hitam pada badannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *