Tanaman Eceng gondok Tumbuhan Air

Eceng gondok merupakan salah satu tumbuhan yang mengambang pada permukaan air, tumbuhan ini sering kita jumpai pada sungai-sugai dan kolam-kolam. Eceng Gondok agak besar tidak seperti tumbuhan Apu-apu yang agak kecil, kalau menurut saya tumbuhan ini tidak cocok untuk di tempatkan pada aquarium, karena agak besar dan tidak indah kalau kita gunakan pada aquarium. Cocoknya tumbuhan ini digunakan pada kolam-kolam sebagai pelindung ikan dari panasnya terik matahari.

Tumbuhan ini cepat berkembang dan akan menutup dengan cepat permukaan air, seperti pada kolam dan pada sungai, Eceng gondok adalah salah satu tumbuhan yang berasal dari Brazil, tidak tahu pasti kapan tumbuhan ini masuk ke Indonesia.  

Bila sudah berkembang dan menutupi seluruh permukaan air maka akan terlihat semak-semak. Tumbuhan ini sebernarnya adalah tanaman yang cantik, dari daunnya yang bewarna hijau licin dan juga terdapat buga yang indah bagaikan bunga anggrek. Biasanya bunga bewarna ungu dan bunganya termasuk bunga majemuk, berbentuk bulir, kelopaknya berbentuk tabung. Maka dengan ini kadang tanaman eceng gondok terlihat indah.

Tanaman ini mudah dibudidayakan, caranya cukup dengan meletakkan Enceng gondok pada kolam, maka di akan tumbuh sendiri dan berkembang biak dan akan menyebar dengan sendirinya. Akarnya panjang, dan salah satu tanaman yang berakar serabut bagikan jenggot, bila pada kolam terdapat lumpur maka dia akan semakin cepat tumbuh dan berkembang.

Tumbuhan ini memiliki ciri-cirinya khas, daun tunggal dengan berbentuk oval. Eceng Gondok memiliki ciri khusus, yaitu tangkai daunnya menggelembung atau berongga, ini berfungsi sebagai untuk mengapung di atas permukaan air.

Inilah sekilas tentang tumbuhan Eceng gondok, Sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan dapat menambah pengetahuan anda tentang alam.
sumber gambar manfaatdaunbuah.blogspot.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *