Tanaman Jarak Kepyar

Tanaman Jarak Kepyar
Jarak Kepyar  - Tumbuhan ini dikenal juga dengan Ricinus communis, ini merupakan salah satu tumbuhan yang dapat menghasilkan minyak seperti halnya tanaman jarak pagar. Tanaman ini berasal dari Ethiopia (Afrika), menurut sejarah dari beberapa sumber tanaman ini masuk ke Indonesia pada abad ke-16, bersamaan dengan masuknya orang-orang Portugis ke Indonesia, Budidaya pada saat itu dilakukan oleh orang-orang Portugis dan Spanyol, mereka menyebutnya dengan nama “Agno Casto” Kalau orang Inggris  menyebutnya dengan nama "Castor".

Dalam bahasa latin tanaman jarak kepyar di kenal dengan nama Ricinus communis. Kalau di Indonesia tumbuhan ini terdapat dengan beberapa nama seusuai dengan daerah-daerah yang ada di Indonesia, di antaranya, Madura dikenal dengan nama Kalek, Daerah Sumatera dikenal dengan Dulang atau Gloah, Sunda "Kaliki", dan Makasar dikenal dengan Tangan Raja. Tumbuhan ini dapat tumbuh dari mulai daerah yang tinggi sampai dengan daerah pantai.

Tanaman ini dapat menghasilkan bahan baku minyak industri, minyak tanaman Jarak kepyar bersifat tahan panas, dapat digunakan pada industri Cat, Vernis, Bahan industri Kosmetik, bahan Pelapis, industri polimer berupa resin, kulit sintesis bahan plastisasi, plastik, industri tekstil serat sintetis dan pada industri otomotif yaitu untuk bahan pelumas dan bahan minyak rem.

Tumbuhan jarak kepyar merupakan tanaman perdu, kadang ketinggiannya bisa mencapai 11 meter,  akar tunggang, batangnya bersifat lunak, silindris, tegak, warna cokelat kebiru-biruan, bagian dalamnya berlubang. Daun tunggal, bertangkai panjang, dengan tersusun berseling, pada saat muda berwarna ungu, kalau tua warnanya hijau tua, pada tepi daun bergerigi, pertulangan menjari. Bunga majemuk, bentuk tandan, muncul pada ujung batang (terminalis). Kelopaknya dengan berwarna hijau, mahkota berwarna merah muda. Buahnya disaat muda warnanya hijau,  kalau sudah tua menjadi hitam dengan bentuk biji lonjong, berwarna coklat dan terdapat bintik-bintik hitam. Perbanyakkan dapat dilakukan dengan biji.

Referensi : http://balittas.litbang.pertanian.go.id - Tanaman Penghasil Minyak Industri
http://ditjenbun.pertanian.go.id - Prospek & Potensi Tanaman Jarak Kepyar (Ricinus communis L.) Sebagai Salah Satu Komoditas Perkebunan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *