Tanaman Tali Putri Salah Satu Tumbuhan Parasit

Tanaman Tali Putri
Tanaman Tali Putri - Ini adalah salah satu tumbuhan parasit, tumbuhan ini dikenal juga dengan Cuscuta, genusnya terdiri dari 100 sampai dengan 170 spesies. Umumnya tumbuhan ini bewarna kuning, orange dan merah, jarang yang bewarna hijau. Tanaman ini merupakan salah satu dari famili Convolvulaceae, dan genus Cuscuta. Genusnya dapat di temukan seluruh daerah yang beriklim troipis dengan beragam spesies tersebar pada daerah tropis dan subtropis, dan tumbuhan ini langka pada daerah yang beriklim dingin.

Tumbuhan ini dikenal dengan parasit karena tumbuhan ini tumbuh dengan tumbuhan inang, baik dari tanaman pertanian dan juga dengan tanaman hias, dan terdapat beberapa spesies yang membahayakan dan merugikan bagi pohon inang, bahkan ada beberapa negara yang melarang untuknya masuknya benih tumbuhan tali putri yang terkontaminasi. 

Selain tumbuhan ini dapat merugikan ada beberapa jenis pula yang menguntungkan, yang dapat digunakan sebagai obat tradisional, contohnya Cuscuta chinensi, jenis yang ini sekarang mulai diteliti sebagai tanaman obat, ada pula yang digunakan sebagai pewarna yaitu Cuscuta tinctoria.

Tanaman ini batangnya bulat tipis dan tampa daun. Tali putri bisa juga menghasilkan buah yang kecil. Tanaman ini terdapat klorofil yang sangat rendah, beberapa spesies seperti Cuscuta reflexa dapat berfotosintesis sedikit, sementara yang lain sepenuhnya tergantung pada tanaman inang untuk menghisap sari-sari makanan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *