Tumbuhan Daun Maniran

Tumbuhan Maniran atau dikenal juga dengan Phyllanthus urinaria, atau tumbuhan ini dikenal juga dengan Daun Maniran. Ini merupakan salah satu tumbuhan yang tumbuh liar, dan tidak banyak dibudidayakan, karena orang-orang meganggapnya tumbuhan ini hanya rumput biasa yang tumbuh di semak-semak.

Maniran biasanya tumbuh sekitar 50 cm, dengan daun yang bersirip genap dan bertulang, batangnya bulat basah. Bunga biasanya terdapat pada ketiak daun dan menghadap kebawah. Ini merupakan salah satu tumbuhan herbal yang tumbuh liar. Tumbuhan maniran dapat tumbuh subur pada tempat yang lembab, dan dapat tumbuh sampai dengan ketinggian 1000 meter dengan permukaan laut. tumbuhan ini dapat tumbuh pada tepi pantai, tanah berpasir dan di pinggir sungai. Salah satu yang banyak tumbuh adalah pada lahan terbuka. 

Tumbuhan maniran ternyata terdapat zat kimia, diantaranya mengandung zat filantin, damar, kalium dan dan juga terdapat zat penyamak. Tumbuhan ini diyakini sangat berguna bagi kesehatan di antaranya tumbuhan ini dapat menyembuhkan beberapa penyakit di antaranya adalah penyakit malaria, disentri, demam, batuk, ayan, haid berlebihan dan penyakit kuning.
Tumbuhan Maniran
Sumber Gambar: www.rahasiakeluarga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *