Tumbuhan Lengkuas Yang Mirip Jahe

Tumbuhan Lengkuas Yang Mirip Jahe
Tumbuhan Lengkuas merupakan salah satu tumbuhan yang jenis umbi-umbian, tumbuhan ini hampir sama dengan jahe, dan dapat hidup di dataran rendah maupun dataran tinggi, beraroma khas dan memiliki rasa yang khas, pada masyarakat umumnya tumbuhan lengkuas dijadikan sebagai bumbu masakan tertentu. Yang sering digununakan dalam masakan biasanya yang jenisnya putih (daging rimpang berwarna putih), selain digunakan sebagai bumbu masakan atau rempah-rempah tumbuhan ini juga digunakan sebagai obat-obatan, yang sering digunakan dalam obat-obatan yaitu lengkuas merah (daging rimpang berwarna merah). Tentu saja tumbuhan ini tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Di Asia dan Indonesia tumbuhan ini sudah di kenal pada beberapa abad yang lalu, yang digunakan sebagai rempah-rempah dan sebagai obat tradisional. Pada lengkuas terdapat kandungan zat kimia di antaranya mengandung minyak terbang, minyak atsiri, eugenol, metil sinamat, seskuiterpen, kaemferida, pinen, galangol, galangan dan kristal kuning. Manfaat lenkuas di antaranya adalah sebagai anti bakteri, anti jamur, membersihkan darah, menghangatkan, mempermudah pengeluaran angin dari dalam badan, menambah nafsu makan, merangsang otot, mengencerkan dahak, mengharumkan dan aprodisiak. 

Kegunaan tumbuhan lengkuas lainnya adalah sebagai anti Panu, Nyeri haid, Obat kuat, Limpa bengkak, Membersihkan darah, Menguatkan otot karena sakit atau rematik.

Cara untuk mengobati Panu : Ambil umbi lengkuas di tumbuk sampai halus, dan tambahkan minyak tanah sedikit dan secukupnya, dan oleskan langsung ke tempat yang ada panunya. Bisa juga langsung di gosokkan daging umbinya yang di potong bersamaan dengan minyak tanah, dan gosokkan ke tempat yang terdapat panu. Lakukanlah sekitar satu minggu sampai panunya hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *