Tumbuhan Zodia

Tumbuhan Zodia
Zodia merupakan salah satu tumbuhan yang tidak di sukai oleh nyamuk, ini merupakan tanaman endemik Indonesia, yang asalnya dari Papua, Tumbuhan ini termasuk dalam suku jeruk-jerukan  (Rutacea). Orang Papua memanfaatkan tumbuhan ini sebagai anti nyamuk dan serangga, pada saat mereka masuk hutan, dengan cara menggosokkannya ke badan dan mampu bertahan selama 6 jam. Pada tumbuhan ini tedapat zat linalool dan a-pinene yang tidak di sukai oleh nyamuk.

Tumbuhan zodiak perdu bukan tanaman pohon. Daunnya berbentuk pipih dan memanjang, dengan warna hijau, bila terdapat gesekan pada daunnya dan tertiup angin maka akan mengeluarkan aroma yang diyakini dapat mengusir nyamuk. 

Selain digunakan sebagai pengusir nyamuk di hutan, tumbuhan ini juga bisa digunakan dalam ruangan, dengan cara meletakkan daun zodia pada tempat udara yang masuk ke dalam ruangan, dengan hembusan agin, maka aromanya akan terasa dalam ruangan. Hindari pada ruangan yang kecil atau terbatas karena aromanya akan membuat kepala anda pening.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Balittro (Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat), pada daun tanaman Zodia terdapat zat linalool (46%) dan a-pinene (13,26%). Zat linalool dikenal dengan salah satu zat yang tidak disukai oleh nyamuk.

Sekarang ini tumbuhan Zodia telah banyak di budidayakan, ditanam dalam pot-pot dan diletakkan dalam ruangan, selain itu ada juga yang menanamnya di luar ruangan, di taman atau di halaman rumah, kadang orang-orang tumbuhan ini disebut juga dengan Pohon Nyamuk.

Referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Zodia
www.jendela-alam.com/tanaman-hias-pengusir-nyamuk.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *