Badak Sumatera Yang Berbulu

Badak Sumatera Yang Berbulu
Badak ini merupakan salah satu badak yang khas, memiliki dua cula dan salah satu badak yang berbulu dari seluruh spesies badak di dunia, sehingga binatang ini dikenal juga dengan hairy rhino (badak berambut). badak ini juga merupakan salah satu yang terkecil didunia.

Pada umumnya badak ini memiliki ciri-ciri teliga yang agak besar dan bewarna ke abu-abuan coklat agak kemerahan, pada badannya terdapat bulu-bulu dan keriput di daerah matannya, terdapat dua cula pada bagian kepalannya, cula depan 25-80 cm, sedangkan cula belakang biasanya lebih pendek dengan cula depan, cula belakang berkisar antara 10 cm.

Anak dari badak ini saat lahir terdapat bulu yang lebat bewarna coklat agak kemerahan, seiring tumbuh besar dan dewasa bulu yang lebat pada anak badak tersebut menghilang dan bulunya jarang dengan warna yang berubah kehitaman.

Ukuran badak ini diperkirakan panjang antara 2-3 meter, dan tinggi sekitar 1-1,5 meter. Berat badannya diperkirakan 600-950 kg. Pada umumnya badak ini menyukai daerah yang lembab, rawa-rawa pada dataran tinggi dan daerah perbukitan.

Badak sumatera merupakan salah satu hewan yang dilindungin karena mereka terancam punah pada habitatnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *