Tanaman Daun Bidara Herbal

Tanaman Daun Bidara Herbal
Tanaman Daun Bidara tumbuhan ini dikenal juga dengan widara atau Ziziphus mauritiana adalah salah satu tanaman pennghasil buah yang tumbuh di daerah kering. Tanaman ini telah lama dikenal dan juga tumbuhan ini terdapat dalam Ayat Suci Al-Qur'an pada Surat AS-SABA ayat 16. Tumbuhan ini juga sangat baik untuk terapi terhadap gangguan Jin dan sihir. Selain itu tanaman ini juga dapat di konsumsi langsung ataupun di olah terlebih dahulu.

Terdapat beberapa nama lain dari daun bidara di anataranya Daun Seureuh, Daun Cedar, Daun Arabian Jujube, Zizyphus Spina-Christi. 

Pohonnya memiliki ciri-ciri di antaranya tinggi pohonnya mencapai 5-15 meter, batangnya bengkok dan agak bertonjolan. Ranting kerap dan bergantung. pada daunnya bertangkai, bulat telur atau oval, 4 – 8 kali 2 – 7 cm, tulang daun 3, bergerigi, dari bawah putih atau cokelat larat seperti vilt. Daun penumpu bentuk bagaikan duri, Bunga dalam paying tambahan, bertangkai pendek atau duduk, berambut seperti vilt di ketiak. Daun pelindung bulat telur, berambut cokelat karat. Garis tengah bunga ±0,5 cm. kelopak kuning hijau, separuh jalan berlekuk 5, taju segi tiga bulat telur, dari dalam berlunas, dari luar bentuk vilt. Daun mahkota 5, bentuk telur terbalik, bentuk tudung, putih. Tonjolan dasar bunga datar, berekuk 10, engelilingi bakal buah yang beruang 2. Cabang tangkai putik 2. Buah baty berdaging, bentuk bola oval, panjang 1,5 – 2 cm, mula-mula kuning, kemudian merah tua, gundul. 

Asal – usul dari Asia tengah, dan menyebar alami di wilayah yang luas mulai dari Aljazair, Tunisia, Libia, Mesir, Uganda dan Kenya di Afrika; Afganistan, Pakistan, India Utara, Nepal, Bangladesh, Cina Selatan, Vietnam, Thailand, Semenanjung Malaya, Indonesia, hingga australia. kini bidara telah ditanam di banyak negara di afrika, dan juga di madagaskar. namun yang mengembangkannya secara komersial hanyalah India, Cina, dan sedikit di Thailand.

Habitatnya Bidara biasa hidup di padang pasir , lahan yang tandus dan kering sehingga menjadikan pohon ini mudah sekali beradaptasi dengan iklim tropis.

Khasiat Daun bidara. Mendinginkan, melancarkan peredaran darah, membersihkan darah. Anti inflamasi, analgesik, dan diaforetik., menurunkan kadar gula darah,vitalitas, pakan,sirop,pewarna alami,perawatan&peremajaan kulit, obat sakit perut dll.

Comments
1 Comments

1 komentar:

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *