Tumbuhan Bunga lavender

Tumbuhan Bunga lavender
Lavender atau lavendel atau dikenal juga dengan Lavandula adalah salah satu tumbuhan yang berbunga dalam keluarga atau suku Lamiaceae, yang terdapat sekitar 25-30 spesies. Tumbuhan ini berasal dari Laut Tegah sampai dengan Afrika Tropis dan ke timur sampai dengan Hindia. Tumbuhan ini adalah tumbuhan menahun yang sebenarnya berasal dari semak-semak rerumputan, tumbuhan ini juga terdapat di Canaria, Afrika Utara dan Timur, Eropa selatan, Arabia dan Hindia. Dengan pupulernya tumbuhan ini maka sekarang tumbuhan ini banyak ditanam di tanaman taman dan sekarang tumbuhan ini tidak hanya terdapat pada asalnya.

Lavender bunganya harum dan kebanyakan warna dari bunganya adalah bewarna ungun dan juga terdapat yang berwarna putih. Nama latin dari bunga ini Lavandula afficinalis syn.L. angustifolia (Lamiaceae). Tumbuhan ini mirip dengan rumput ilalang, yang berasal dari Eropa. Lavender banyak di manfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan parfum, perlengkapan upacara keagamaan, ritual-ritual tertentu dan sebagai obat yang sudah digunakan sejak zaman Romawi kuno.

Orang Romawi kunoe Lavender disebut dengan lavare yang artinya "mencuci" atau "menyegarkan" ini karena orang-orang ini menganggap aroma dari bunganya dapat menyegarkan otak dan menjernihkan jiwa. Aroma dari bunga Lavender berasal dari minyak yang dapat digunakan untuk pembuatan parfum, minyak gosok, dan ramuan-ramuan lainnya.

Bunga lavender memiliki dua macam warna bunga, Bungannya dengan menempel pada batang dan disetiap ruas daun. dengan bentuk yang indah dan harum.

A. Laverder bewarna putih
Bunga Lavender dengan warna putih bisa tumbuh dengan baik pada daerah dingin, akan tetapi juga dapat tumbuh pada hawa sedang dan panas.

Pada perawatannya bunga Lavender yang bewarna putih hanya di perlukan penyiraman air dengan secukupnya. Pencahayaan berpengaruh pada bungannya, semakin banyak pencahayaan maka akan semakin berpegarauh terhadap banyak bungannya.

B. Lavender bungannya yang bewarna Ungu
Pada jenis tumbuhan lavender yang bewarna ungu sebernarnya sama dengan yang warna putih, cuma berbeda dari bunganya saja.

Berikut ini adalah Karakter bunga Lavender yang bewarna Ungu
  • Kuat terhadap sinar matahri langsung
  • Lebih suka dengan banyak penyiraman 
  • Pemupukan sebagai sumber nutrisi diperlukan walau tidak sering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *