Tumbuhan Daun Pandan Wangi

Daun Pandan - Bagi ibu-ibu pasti sangat mengenal dengan daun ini, daunya beraroma wangi dan khas. Tumbuhan di golongkan dalam tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae, yang memiliki daun yang beraroma wangi dan khas. Kalau di indonesia dan Asia Tenggara banyak di gununakan dalam masakan-masakan tertentu.

Ciri-ciri daun pandan, Bentuknya tunggal dengan daunnya duduk memeluk batang dengan tersusun rapi, ciri yang khas yang sangat menonjol pada daun panda adalah disaat diremas mengeluarkan aroma yang khas. Daun pandan merupakan rempah - rempah yang digunakan dalam masakan, ini digunakan untuk pewarna dan pewangi, supaya makanan agar tetap segar dan wangi.

Tumbuhan daun pandan banyak ditanam di pekarangan rumah, ini segaja di tanam untuk keperluan dapur, sebenarnya tumbuhan ini tumbuh liar di tepian sungai dan tempat-tempat yang lembab. Akarnya tunjang dan bila besar akan menompang tumbuhan ini, bila sudah besar maka bentuk tumbuhan ini seperti daun palem yang tersusun secara roset yang rapat, panjan dapat mencapai sekitar 60cm. Beberapa jenis tumbuhan ini terdapat tepi daun yang bergerigi.

Tumbuhan ini banyak digunakan dalam masakan-masakan dan pembuatan Kue, diantara mengguankan daun pandan seperti Kolak, bubur kacang hijau, cake pandan tape kukus, kue mangkuk pandan, dan masih banyak lainnya yang menggunakan daun ini yang sebagai bahannya.

Selain digunakan dalam makanan dan bahan pembuatan Kue, tumbuhan daun pandan juga sangat baik dalam dunia kesehatan dan penggobatan. Berikut ini beberapa khasiat daun pandan bagi kesehatan yang dapat saya bagikan.

Daun Pandan dapat mengatasi lemah Syaraf
Berguna untuk mengatasi lemah syaraf ini dapat digunakan dengan meminum rebusan air daun pandan setiap pagi dan sore, ini diyakini dapat mengatasi lema syaraf , cara mengunakanya pun mudah yaitu dengan menggunakan 3 helai daun pandan yang di iris-iris dan di rebus dengan menggunakan 3 gelas air.

Dapat mengatasi Hipertensi
Tidak hanya untuk mengatasi lemah syaraf, ternyata daun pandan dapat mengatasi Hipertensi, ini dengan meminum air rebusan daunn pandan, ini dapat digunakan dengan cara meminum air rebusan daun panda 2 gelas sehari.

Menghilangkan gelisah
Ternyata daun pandan berkhasiat menghilangkan gelisah juga, ini disebabkan oleh zat Tanin yang terdapat pada daun pandan yang bersifat menenangkan. Dapat digunakan dengan cara menggunakan 2 helai daun pandan yang direbus dengan 1 gelas air.

Pegal Linu dan Reumatik
Menyeduh 3 daun pandan dengan secangkir minyak kelapa yang dicampur dengan sedikit minyak kayu putih ini diyakini dapat mengobati reumatik ataupun pegal linu. dan selanjutnya oleskan hasil seduhannya pada persendian atau pada bagian yang sakit.

Dapat Menambah Nafsu makan 
 Daun pandan juga diyakini dapat digunakan sebagai penambah nafsu makan, mungkin bagi anda mengalaminnya silahkan menggunkan cara ini. anda dapat menggunakan air rebusan daun pandan, cukup dengan 2 lembar yang kemudian diminum secara rutin. dan semoga nafsu makan anda normal kembali.

Untuk mengatsi ketombe
Daun pandan juga dapat digunakan untuk mengatasi ketombe, caranya dengan menggunakan daun pandan 2 sampai 5 lembar, tumbuk sampai halus, dan gunakan tumbukan daun panda yang halus tadi, dengan mengusapnya ke kulit kepala secara teratur.
Sekian yang dapat saya bagikan tentang tumbuhan daun pandan dan manfaatnya semoga ini dapat bermanfaat untuk anda sekalian.
Pegal Linu dan Reumatik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *