Belut Listrik Sungai Amazon

Belut Listrik Sungai Amazon
Belut Listrik atau Sidat Listrik, ini disebut juga dengan Electrophorus electricus. Ini tak seperti belut biasanya, akan tetapi belut ini sama seperti belut pada umumnya, yang unik pada belut ini mereka dapat menghasilkan listrik yang kuat. Belut ini bisa menghasilkan tenaga listriik mencapai 600 volt, ini dimanfaatkan untuk berburu dan membela diri terhadap serangan predator. Walaupun mereka ini disebut dengan belut atau sidat akan tetapi mereka merupakan ordo Gymnotiformes yang tidak termasuk di antara keduanya.

Belut listrik ini merupakan sejenis ikan air tawar yang dapat ditmukan pada sungai Amazon dan juga Sungai Orinoko yang merupakan sugai terbesar di Amerika Selatan dan sekitarnya. Belut-belut ini bisa tumbuh sampai dengan panjang 2,5 m (8,2 kaki) dan dengan berat 20 kg (44 pound). ukuran rata-ratanya biasanya belut ini 1 M.

Bagaimana belut Listrik ini menghasilkan Listrik..?
Belut ini bentuk tubuhnya unik dan sebagian tubuhnya 7/8 merupakan ekor dan pada ekor ini terdapat beterai-baterai kecil yang lempengannya horizontal dan vertikal dalam jumlah banyak bisa mencapai 5000 butir. Tegagan baterai-baterai ini tidaklah terlalu besar akan tetapi bila semuanya di hubungkan dengan bersamaan maka akan menghasilkan tengagan listrik yang kuat bisa mencapai 600 volt, dan bandingkan dengan baterai biasa yang hanya 1,5 volt. Yang uniknya lagi pada ujung ekornya bertindak sebagai kutub positif dan kepelanya bertindak sebagai kutub negatif.

Belut ini dapat menghubungkan baterai-baterai kecil pada tubuhnya disaat mendapatkan mangsa atau musuh, maka tubuhnya akan ditempelkan pada mangsa atau predator yang akan memangsanya, dan arus listrik yang tinggi akan membunuh mereka. Hewan-hewan lain yang tidak bersentuhan dengan kepala dan ekornya maka mereka tidak terganggu oleh belut ini.

Bila anda ingin mendapatkan tegagan listrik dari belut-belut ini maka anda pergi ke sungai Amazon dan obok-obak sungainya biar kawanan belut ini marah dan anda mungkin bisa menghidupkan lampu dengan belut-belut ini.. hehe cuma becanda gan.. 

 
Comments
5 Comments

5 komentar:

  1. Saya pernah nggak ngerti bagaimana katanya ada orang yang bisa mempelajari chi sehingga bisa punya tenaga dalam seperti bisa mengeluarkan setrum, bahkan ada yang bisa membakar kertas dengan tangan kosong. setelah saya lihat beberapa video di youtube, saya jadi agak ngeh. setelah bacaa ini, oh iya juga ya.. belut saja bisa nyetrum... apa mustahil bagi makhluk hidup lainnya? hehe, ngomong opo saya ini.

    BalasHapus
  2. haha saya juga gitu kadang kakang puja..... :d

    BalasHapus

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *