Bunga Cempaka Putih atau Bunga Kantil

Bunga Cempaka putih atau ini dikenal juga dengan nama bunga Kuntil, ini merupakan anggota suku Magnoliaceae, bunga ini banyak terdapat di kawasan Asia tenggara, seperti di Indonesia dan negara-negara tetangganya. Bunga ini banyak digunakan dalam upacara-upacara tertentu atau ritual-ritual tertentu.
Bunga Cempaka putih atau ini dikenal juga dengan nama bunga Kuntil, ini merupakan anggota suku Magnoliaceae, bunga ini banyak terdapat di kawasan Asia tenggara, seperti di Indonesia dan negara-negara tetangganya. Bunga ini banyak digunakan dalam upacara-upacara tertentu atau ritual-ritual tertentu.

Bunga kantil banyak tumbuh sebagai tumbuhan pagar dan tanaman hias, banyak juga tumbuhan ini tumbuh liar. Secara medis tumbuhan ini mengandung alkaloid mikelarbina dan liriodenina yang mempunyai khasiat untuk ekspektoran dan diuretik. Karena kandungannya tumbuhan kantil ini di percaya dapat menyembuhkan demam, batuk, prostata, keputihan, radang, infeksi saluran kemih, dan sulit kencing.

Sekarang ini tumbuhan ini banyak di budidayakan bukan sebagai tumbuhan obat, tapi bunga ini banyak orang-orang menanam nya untuk keperluan adat. 

Berikut ini beberapa manfaat bunga kuntil

  • Tumbuhan ini dapat mengatasi bau badan dan bau ketiak
Ambil bunga kantil dan daun sirih secukupnya, dan kemudian di rebus, air hasil rebusan bunga kantil dan daun sirih tersebut tunggu sampai hangat dan gunakan lah untuk mandi.


  • Mengatasi Sinusitis
Ini dapat dilakukan dengan cara ambil 30 gram bunga kantil kering, dan 30 gram daun mint/menthol, 15 gram jahe, 2 batang daun bawang putih dan kemudian direbus dengan 800 cc air sampai tersisa 400 cc air, dan kemudian airnya diminum untuk 2 kali sehari masing-masing 200 cc.


  • Mengatasi Perut Kembung
Untuk mengatasi perut kembung ambil 5 kuntum bunga cempaka putih atau bunga kantil dan 5 gram kulit jeruk keprok/jeruk mandarin kering, dan kemudian 3 butir kapulaga, 15 gram jahe, selanjutnya direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc, selanjutnya di saring dan di minum selagi hangat.


  • Mengatasi pusing (vertigo)
Caranya ambil 5-7 kuntum bunga kuntil, dan kemudian direbus dengan 500 cc air sampai tersisa 200 cc, dan selanjutnya di minum airnya selagi hangat.

  • Untuk mengatasi pembesaran prostat
Caranya ambil 30 gram daun kuntil dan kemudian ambil 30 gram daun kumis kucing yang segar, dan 30 gram daun sendok yang masih segar, kemudian di rebus dengan air 700 cc sampai tersisa 300 cc, dan selanjutnya airnya di minum selagi hangat.
  • Untuk Mengatasi Bau Badan
Ambil 30 gram bunga cempaka putih, dan gula batu secukupnya, selanjutnya di minum dan kemudian minum airnya.

  • Mengobati Batuk Berdahak
Caranya ambil 5-7 kuntum bunga cempaka putih atau kuntum bunga kuntil, dan 10 gram jahe, 10 gram kulit jeruk mandarin kering dan selanjutnya direbus dengan 600 cc air sampai tersisa tersisa 300 cc, selanjutnya tambahkan madu secukupnya. Ini bisa anda lakukan dua kali sehari di 150 cc air.

Inilah yang dapat saya bagikan untuk anda semoga ini bermanfaat untuk anda sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *