Burung Pipit Pemakan Biji-bijian

Burung Pipit Pemakan Biji-bijian
Burung Pipit - Ini merupakan burung yang ber paruh pendek dan mereka makan biji-bijian, burung ini nama latin nya adalah Lonchura punctulata. Burung ini hampir sama dengan burung gereja/house sparrow, burung gereja dan burung pipit tergabung dalam satu ordo Passeriformes, meskipun mereka berbeda family. Terdapat juga beberapa nama burung pipit dari berbagai daerah, di antaranya di Indonesia burung ini dikenal juga dengan Emprit atau bondol, sedangkan di negara lain dikenal dengan Mania (burung pipit dari Asia), Mannikin (spesies burung pipit dari afrika).

Burung pipit tinggal di daerah yang terbuka dan dekat dengan sumber makanan, contohnya di dekat sawah dan padang rumput. Mereka juga berkelompok yang besar, semakin besar kelompok burung ini makan akan menjadi hama bagi petani padi. Burung pipit membuat sarang dalam tanaman padi dan rumput padang, ada juga yang di pohon, contohnya pohon pinang, dan pohon yang rimbun lainnya. 

Ukuran tubuh burung pipit kecil, dengan panjang sekitar 10- 12 cm dan berat 10-14 gram, kepala burung pipit jantan lebih lebar dari pada betina, dan merak mempunyai kuku. Mereka membuat sarang dari rumput-rumput yang kering, seluruh sarangnya tertutup dan cuma tempat keluar saja yang terbuka.

Makanan 
Burung pipit memakan biji-bijian diantaranya padi dan millet, pada saat musim kawin mereka akan memakan dedaunan yang segar dan serangga untuk kebutuhan nutrisi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *