Jeruk Perut dan Manfaatnya

Jeruk Perut dan Manfaatnya
Gambar buah jeruk perut yang ada disamping rumah saya
Jeruk Perut - Ini merupakan jeruk yang sering digunakan dalam masakan, biasanya digunakan daun dan buahnya dalam masakan, ini digunakan untuk pewangi. Mungkin bagi anda tidak asing lagi dengan jeruk ini. Buah jeruk ini kita dapat menjumpainya di kebun dan di dapur, orang-orang sering menanam tumbuhan ini di samping rumah untuk keperluan. 

Jeruk perut tak seperti buah jeruk lainnyan, kulit buahnya tidak rata, dan mempunyai aroma yang khas. Kalau di Aceh orang menyebutnya dengan Boh Kruet, di Aceh ini banyak digunakan dalam masakan seperti daun dan buahnya, dan juga umum digunakan pada orang yang meninggal dunia.  

Selain digunakan dalam masakan terdapat juga manfaat lainnya.


  • Buah jeruk perut kaya dengan vitamin C, ini sangat ampuh untuk menyembuhkan flu, demam dan pilek. Cara menggunakannya.
Ambil dua buah jeruk perut yang masak dan segar, kemudian peras airnya dan kemudian seduh kan dengan satu gelas air panas, kemudian minum 2 kali sehari secara teratur.

  • Menyembuhkan influenza
Potong-potong buah jeruk perut yang banyak airnya, dan kemudian peras dan seduh dengan air panas secukupnya, dan minum airnya selagi hangat, bisa juga dengan memakan lalapan buah dan daun yang sudah di potong-potong,  kandungan minyak astiri dalam jeruk perut bisa berguna untuk metabolisme tubuh.
  • Jeruk Perut dapat mengatasi kulit bersisik
Ini anda dapat melakukannya dengan cara membelah jeruk perut menjadi dua bagian dan gosok kan pada kulit yang bersisik atau kulit yang kering, bagusnya ini dilakukan sebelum tidur, ini cukup anda lakukan sekali sehari.
  • Anti ketombe
Potong atau belah jeruk perut menjadi dua bagian dan gosok kan ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit, dan selanjutnya bersihkan dengan cara berkeramas, ini bagus anda lakukan disaat kepala anda sedang kering atau sehabis berkeramas.

Inilah sedikit yang dapat saya bagikan tentang jeruk perut di blog saya ini, ini saya tahu dari hasil saya baca-baca tentang buah dan kesehtan.
buah jeruk perut
Gambar koleksi sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *