Melinjo dan Manfaatnya

Melinjo dan Manfaatnya
Tumbuhan melinjo - Ini merupakan tumbuhan yang berasal dari Asia Tropik, malanesia, dan fasifik barat. tumbuhan ini banyak tumbuh di pekarangan rumah dan tumbuh liar di ladang-ladang. Tumbuhan melinjo ini banyak dimanfaatkan daun, buah dan bijinya.

Daun melinjo dan buahnya biasanya digunakan oleh masyarakat untuk sayur-sayuran, kuah asem. Kalau di Aceh ini digunakan dalam kuah pliek. Kuah pliek merupakan salah satu masakan khas aceh yang populer. Biasanya kuah pliek disajikan dengan ikan goreng dan nasi, dinamakan kuah pliek karena dimasaknya menggunakan ampas minyak kelapa yang sebelumnya di busukkan terlebih dahulu.

Kalau bijinya banyak dijadikan keripik, banyak dijual di pasar-pasar. Pembuatan nya sebelum dijadikan keripik, biji melinjo di rebus kemudian di tumbuk sampai halus, kemudian di cetak kecil-kecil.

Ciri-ciri tumbuhan melinjo
Batangnya tegak lurus dengan bercabang-cabang pada bagian atasnya, daun nya bulat telur dan memanjang, buahnya bulat kecil-kecil berwarna hijau bila sudah masak buahnya berubah menjadi warna merah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *