Binatang Binturong

Binatang Binturong
Binturong - Ini merupakan hewan sejenis musang yang bertubuh besar dalam bahasa latinnya disebut dengan Arctictis binturong, hewan ini memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri di antaranya memiliki tubuh besar dan ekornya bagaikan kaki kelima untuk berpegangan pada pohon, pada betina memiliki alat kelamin palsu (pseudo-penis), selain itu musang ini sering juga di sebut musang raksasa dari Indonesia.

Binturong ini terdapat juga dengan beberapa nama di Indonesia di anataranya Binturong, Binturung, Menturung atau Menturun. Ciri-ciri hewan ini memiliki tubuh besar dan memiliki ekor yang panjang dan besar, sekilas hewan ini mirip dengan beruang. Panjang tubuh hewan ini sekitar 60-95 cm dan ekornya sekitar 50-90 cm, dan beratnya sekitar 6 - 14 kg, kadang sampai dengan 20 kg.
Hewan ini merupakan salah satu hewan noktural yang aktif pada malam hari dan tidur di siang hari, mereka kebanyakan berada pada pepohonan, dan kadang-kadang turun ke tanah. Kadang juga mereka beraktifitas pada siang hari. 

Binturong menyebar di beberapa negara dari mulai Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, Kamboja, Hindia, Cina, Indonesia, Laos. Vietnam, Nepal, Thailand, Filipina dan vietnam. Kalau di indonesia hewan ini merupakan hewan yang di lindungi karena populasinya terus berkurang akibat kerusakan hutan dan aktifitas lainnya.

Binturong pada proses kelahiran bayinya kurang lebih 91 hari, dengan anaknya 2 - 6 ekor. Hewan ini seperti musang pada umumnya mengeluarkan bau dari kelanjar di bawah ekornya. Ini bermaksud untuk menandakan wilayah kekuasaanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *