Burung Kepodang Emas Oriolus chinensis

Burung Kepodang Emas - Ini merupakan salah satu burung pengicau, yang bahasa ilmiahnya dinamakan dengan Passeriformes,  ini merupakan satwa yang dijadikan maskot Propinsi Jawa Tengah. Burung ini burung yang cantik dan dikenal dengan burung pesolek, burung ini selalu tampil cantik dengan bulunya berwarna kuning dengan campuran hitam, di Aceh banyak juga terdapat burung ini, kalau di Aceh kami menyebutnya dengan nama cicem kuneng (burung kuning). 

Burung Kepodang Emas Oriolus chinensis
Sumber pic:roda2blog.com
Burung ini banyak dijadikan sebagai burung peliharaan di rumah-rumah karena burung ini mampu berkicau, keciauannya yang menarik sehingga sehingga burung ini dijadikan salah satu burung yang banyak di buru, dan banyak di cari oleh penghobi burung. Banyak burung-burung hidupnya di hutan-hutan tropis, di alam liar burung ini hidup dengan berpasangan dan kadang juga berkelompok. Dengan banyaknya pemburuan burung ini menjadi langka.

Burung kepodang betina dan jantan sulit untuk dibedakan karena bentuk fisiknya sama. konon menurut informasi burung kepodang emas berasal dari dataran china yang daerah penyebarannya hindia, Asia Tenggara, Fhilipina dan juga di Indonesia.

Ciri-ciri burung kepodang Emas
Burung ini berwarna kuning dengan hitam, bulu terbang banyak hitam. Ini Merupakan burung yang berukuran sedang, panjang ekor sampai dengan paruhnya sekitar 25 cm. Dengan bentuk paruh meruncing dan agak melungkung kebawah sedikit. ukuran paruh sikitar 3 cm dengan warna kaki hitam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *