Burung Perkutuk Geopelia Striata

Burung Perkutuk Geopelia Striata
Burung Perkutuk atau burung ini di kenal juga dengan Geopelia Striata, burung ini masuk dalam keluarga Columbidae, dikenal juga dengan Perkutuk Jawa. Ini merupakan burung yang berukuran kecil yang banyak di pelihara karena kicauannya. Burung burung perkutuk juga terdapat dalam tradisi indonesia dan menjadi burung khas Yogyakarta.

Burung Perkutuk berkerabat dekat dengan Dederuk Jawa, dan merpati. Mereka bertubuh kecil dan panjangnya sekitar 20-25 cm, dengan warna bulu agak ke abu-abuan, kepala bulat dan kecil, paruh meruncing berwarna biru keabuan. Lehernya panjang dan terdapat corak seperti sisik pada lehernya yang seperti garis-garis. Kakinya berwarna merah tua. 

Pada habitatnya burung ini hidup dengan berkelompok atau dalam kelompok kecil, kadang mereka juga berkumpul pada sumber air untuk minum. Sarangnya dari ranting yang berbentuk datar dan tipis, musim berbiak mereka antara Januari-September, telur biasa berjumlah 2 telur dengan warna putih.

Seiring banyaknya pemburuan untuk di pelihara di rumah-rumah burung ini menjadi terancam dan mulai sulit di temukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *