Gajah Sumatera Elephas Maximus Sumatranus

Gajah Sumatera Elephas Maximus Sumatranus
Gajah Sumatera - Ini merupakan salah satu Gajah yang habitatnya terdapat di pulau sumatera, mereka hidup di hutan-hutan dan pergununggan yang ada di sumatera dari mulai Propinsi Aceh sampai dengan Lampung. Belakangan ini gajah-gajah ini spesies mereka terus menurun pada habitatnya ini di karena kan oleh konflik dengan manusia, dari mulai pembukaan lahan sampai ilegal loging. Kebanyakan gajah-gajah ini mati di racun dan lainnya.

Gajah Sumatera merupakan Subspesies dari gajah Asia yang hanya hidup di pulau Sumatera, gajah ini lebih kecil daripada subspesies gajah dari Hindia. Gajah ini di kenal juga dengan Elephas Maximus Sumatranus. Para pencinta alam terus khawatir sekarang ini dengan keadaan gajah ini. 

Di Indonesia Gajah Sumatera merupakan mamalia terbesar di antara mamalia lainnya. berat mereka bisa mencapai 6 ton, dengan tubuh sekitar 3.5 meter. Kehamilan pada bayi gajah sampai dengan 22 bulan dan hidup mencapai 70 tahun. 

Gajah ini di kenal juga dengan kecerdasannya dan memiliki otak yang besar di antara mamalia lainnya yang ada di darat. Daun telinganya yang besar ini mampu mendengar dengan baik, dan belalai nya untuk mencari makanan dalam air dan mampu menggenggam dengan baik.

Sekarang ini sering kita membaca di media-media tentang penemuan bangkai gajah yang mati, saya sering melihat dan membaca di koran tentang berita ini. Semoga gajah-gajah Sumatera bisa selamat spesies nya dan tidak punah di kemudian hari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *